Kamis, 01 Oktober 2020 10:52

Gubernur Khofifah segera Benahi Puspa Agro secara Komprehensif

Rabu, 12 Agustus 2020 14:55 WIB
Editor: MMA
Gubernur Khofifah segera Benahi Puspa Agro secara Komprehensif
Inilah kondisi salah satu bangunan induk Puspa Agro. Foto ini diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). foto: Nanang Fachrurrozi/ BANGSAONLINE

Kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta pada Senin, 10 Agustus 2020, membangkitkan optimisme rakyat Jatim. Terutama terkait rencana pembangunan akses tol (interchange) menuju Pasar Induk Puspa Agro di Kabupaten Sidoarjo. Nah, apa kabar Puspa Agro? 

Pasar Induk modern agrobis Puspa Agro dibangun dengan gegap gempita oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Namun pengelolaannya tidak optimal. Dan ini bisa dianggap sebagai kegagalan perencanaan pembangunan Bapeda Provinsi Jawa Timur. Karena itu perlu pembenahan total.

Puspa Agro dibangun pada 2008 di Sidoarjo. Menghabiskan dana lebih dari setengah triliun (Rp 585 M). Puspa Agro menempati areal seluas 50 hektare di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Tapi eksisting hanya termanfaatkan 22 hektare.

Puspa Argo yang semula dirancang sebagai pusat distribusi hasil pertanian, pangan, sayur mayur, buah buahan dan hasil perkebunan Jawa Timur itu dapat dikatakan merana, walau dalam master plan-nya dimaksudkan sebagai pusat keunggulan provinsi, lumbung pangan provinsi strategis yang dihuni oleh 15 persen penduduk Indonesia ini. Nyatanya sekarang perlu sentuhan strategis yang menyeluruh.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang dengan terobosan dan semangat baru. Bermula dari berita keprihatinan keadaan yang tidak optimal, Gubernur Khofifah sempat mempelajari pusat distribusi hasil pertanian di Negara Taiwan. Kunjungan Gubernur Khofifah ke Taiwan itu dilakukan sebelum dilantik, tepatnya pertengahan Januari 2018. 

Hal itu dilakukan Gubernur yang dikenal progresif dalam berpikir dan bertindak itu untuk menguatkan pertanian, perkebunan sekaligus mengangkat derajat petani, disamping untuk menguatkan aktivitas agro industri di propinsi yang beliau pimpin.Gubernur Khofifah pun bakal membenahi Puspa Agro secara konprehensif.

(Hanya beberapa bedhak di Puspa Agro yang masih buka. Foto diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). foto: Nanang Fachrurozi/ BANGSAONLINE.com)

Tak tanggung-tanggung. Untuk tujuan konkret, beliau kunjungi salah satu pasar induk terbaik Asia di Taiwan. Gubernur Khofifah bahkan melakukan wawancara dengan manajemen dan pengelolanya.

Gubernur Khofifah tak hanya mempelajari sistem kebersihan yang baik di pusat agro Taiwan itu, tapi juga tentang penataan barang dagangan, quality controlnya, packaging, sistem transaksi, prosedur sirkulasi barang, dan juga tata kerja pengelola pusat agro yang ideal, cermat, modern.

(Salah satu toko di Puspa Agro yang masih buka. Foto diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). Foto: Nanang Fachrurozi/ bangsaonline.com)

Gubernur Khofifah pun mengantongi gambaran ideal sistem pusat yang terintegrasi dengan petani, nelayan, distributor, bahkan dengan konsumen antarpropinsi dan perusahaan yang akan memanfaatkan hasil pertanian rakyatnya.

Namun beliau sempat geleng kepala. Ternyata ada gap yang luas antara kecanggihan dan simpelnya tata kelola hasil pertanian di Taiwan dengan keadaan yang ada di Puspa Agro. "Wah ini bakal berat kalau nggak diurus dengan baik," gumam gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu.

(Rata-rata bedhak di Puspa Agro tutup. Foto diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). Foto: Nanang Fachrurozi/ bangsaonline.com)

Gubernur khofifah yang menyukai hal-hal praktis strategis itu menyimpulkan tiga hal penting dalam pembenahan yang diperlukan Puspa Agro:

Pertama, sistem kerja manajemen yang terintegrasi ke dalam dan keluar dengan petani, kelompok petani dan pasar,

Kedua, tata kelola perusahaan Puspa Agro dengan menggunakan one gate system dengan ditopang aplikasi information technology.

Ketiga, akses jalan dari dan menuju Puspa Agro dari bandara, tol, pelabuhan dan pusat industri agro di seluruh Jawa Timur.

Untuk akses jalan inilah Sang Gubernur yang dijuluki pemimpin perubahan itu, Senin 10 Agustus 2020 lalu berkomunikasi dengan koleganya Menteri PUPR Basuki Hadimulyo secara langsung untuk realisasi terobosannya yg baru yaitu toll Pasar menuju Puspa Agro.

(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri PURR Basuki Hadimuljono. foto: ist)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...