Kamis, 01 Oktober 2020 11:24

​Bersih-Bersih Rumah Kontrakan, Warga di Blitar Temukan Mortir

Senin, 10 Agustus 2020 18:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
​Bersih-Bersih Rumah Kontrakan, Warga di Blitar Temukan Mortir
Mortir dengan panjang 27 cm dan diameter 6 cm saat diamankan oleh Tim Jihandak Brimob Kediri. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebuah mortir ditemukan di sebuah rumah kontrakan di Jalan Kalasan Nomor 6 Gang X RT 05 RW 07 Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin (10/8/2020).

Benda tersebut ditemukan di atas lemari rumah milik Suharti (69), warga setempat. Sedangkan penemunya adalah Teguh, anak Suharti yang saat itu sedang membersihkan rumah kontrakan.

Teguh menceritakan, saat itu dia sedang membersihkan dan merenovasi rumah kontrakan yang akan dikontrak oleh penyewa baru. Saat bersih-bersih, dia menemukan benda asing di atas lemari. Benda itu kemudian diangkat dan ditaruh di atas kursi.

"Di atas lemari kelihatan seperti peluru. Terus saya angkat, diangkat beratnya sekitar 1 kilogram. Kemudian kami memutuskan untuk lapor polisi," ujar Teguh.

Sementara pemilik kontrakan, Suharti mengatakan, sebelumnya rumah tersebut dikontrak oleh Irvan Wahyudi sejak tahun 2013. Masa kontrak sebenarnya telah habis pada Januari 2020 lalu, namun barang-barang milik Irvan ditinggalkan begitu saja di dalam kontrakan.

"Sebelumnya yang ngontrak namanya Pak Irvan, dia kontrak sejak 2013 lalu. Nah Januari lalu, sebenarnya sudah habis masa kontraknya tapi barang-barangnya tidak dipindah dari sini. Karena ini mau ada orang lain yang kontrak, saya mau renovasi dan dibersihin. Tapi malah nemu benda itu," ujar Suharti.

Menurut keterangan Irvan Wahyudi, barang jenis mortir tersebut dibawa 1 tahun yang lalu dari Malang. Benda itu adalah milik ayahnya yang seorang Purna TNI Tahun 1983. Kemudian Irvan menjadikannya sebuah suvenir.

Sementara Kasubag Humas Polres Blitar Kota, Iptu Rochan mengatakan, pihaknya mengamankan lokasi penemuan bahan peledak tersebut dari kerumunan warga dengan memberi garis polisi. Mortir dengan panjang 27 cm dan diameter 6 cm itu kemudian diamankan oleh Tim Jihandak Brimob Kediri.

"Benda tersebut sudah diamankan Tim Jihandak Brimob Kediri yang datang ke lokasi penemuan," pungkas Rochan. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...