Jumat, 30 Juli 2021 14:45

Apollinaris Darmawan Diamankan Polisi, Fitnah Islam secara Terbuka

Minggu, 09 Agustus 2020 13:32 WIB
Editor: MMA
Apollinaris Darmawan Diamankan Polisi, Fitnah Islam secara Terbuka
Dalam tayangan layar video yang beredar di media sosial, pria tua itu tampak diamankan warga dan dijaga aparat kepolisian. Wajahnya mirip dengan pria tua yang menyatakan bahwa ajaran kurban tidak sesuai dengan Pancasila. Wajah ini mirip sekali dengan gambar di akun yang mengatasnamakan diri sebagai Apollinaris Darmawan. foto: WhatsApp

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebuah video beredar, seorang berambut putih tak pakai baju digelandang massa. Tampak aparat kepolisian sedang berjaga-jaga di tengah kerumunan massa yang mengamankan orang tua itu.

Dari video itu tampak jelas bahwa wajah pria tua itu mirip sekali dengan wajah yang terpampang dalam akun facebook bernama Appolinaris Darmawan. Yaitu wajah pria yang dalam video viral minta Islam dibuang dari Indonesia.

"Omongan dia sudah viral, Pak," kata salah seorang dari massa itu menjelaskan kepada polisi.  

Di media sosial juga beredar rasa syukur alhamdulillah karena orang tua mirip akun  bergambar Apollinaris Darmawan diamankan polisi. Namun nama asli pria tua itu hingga kini belum jelas. Karena di twitter juga muncul nama @hikdun.

BACA JUGA : 

Wartawan Pemprov Jatim Bagikan Daging Kurban ke Warga Terdampak Covid-19

BHS Bagikan Puluhan Ribu Paket Daging Kurban untuk Warga Terdampak Covid-19

Politikus Demokrat Bagikan 4 Sapi untuk Keluarga Terdampak Covid-19 di Gresik

Kurban Satu Ekor Sapi, DPC PDIP Kabupaten Kediri Bagikan Daging Kurban Secara Door to Door

Dalam jejak digital, akun bernama Apollinaris Darmawan ini sejak sekitar 10 tahun lalu secara terbuka dan terus menerus memprovokasi dan memfitnah Islam dan Nabi Muhammad. Tulis-tulisannya sangat kasar. Bahkan ia banyak sekali menyebut Muhammad biadab.

Namun ketika diajak diskusi ia menghindar. “Apa yang mau didiskusikan. Jelaskan saja bahwa Muhammad tidak biadab. Dan bahwa Muhammad bidab sudah saya tulis ada sumber di Quran,” tulis Appolinaris di akun facebooknya pada September tahun 2011.

Pada September 2014, Appolinaris menulis di Twitter begini: Menjelaskan secara terbuka dan beradab bahwa Islam bukan agama, melainkan ajaran sesat yang mendungukan serta membiadabkan umatnya.

Tampaknya Appolinaris tak puas karena tak ada orang yang merespons tulisan-tulisannya yang bersifat fitnah itu secara signifikan. Maka pada Hari Raya Idul Adha 1441 H (Jumat, 31 Juli 2020) lalu, beredar video yang isinya pria berwajah mirip gambar di akun bernama Appolinaris Dermawan itu.

Isinya memprovokasi bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Video provokasi itu beredar secara terbuka di media sosial. Dalam video itu pria tua tersebut secara terang-terangan memfitnah ajaran Islam tentang perintah kurban pada Hari Raya Idul Adha.

“Saudari-saudara sebangsa dan setanah air. Hari ini umat Islam melakukan tradisi menyembelih hewan yang tak berdosa untuk dikorbankan,” kata pria itu mengawali provokasinya. “Pertanyaannya dikorbankan untuk apa,… ini yang harus kita soroti,” katanya.

Jika dilihat dari kalimat “hari ini” berarti video itu dibuat pada Jumat, 31 Juli 2020, saat umat Islam merayakan Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

Ia menganggap bahwa ajaran kurban tak sesuai dengan leluhur nenek moyang kita dan bertentangan dengan Pancasila.

Ia juga mengatakan, bahwa tradisi kurban dilakukan sejak 1.400 tahun yang lalu. “Atas kemauan Muhammad. Seorang buta huruf yang mengaku Nabi,” katanya tanpa menyebut referensi yang jelas.

Sebelumnya, kata dia lagi, tidak ada tradisi mengorbankan hewan pada kaum Qurais. Dengan terus memprovokasi, ia mengatakan bahwa tradisi kurban itu diambil Muhammad dari bangsa Yahudi yang menyelenggarakan perayaan paskah untuk memperingati kemerdekaan bangsa Israel dari perbudaan di Mesir.

“Dalam Al-Quran tidak ada kewajiban mengorbankan hewan,” katanya memprovokasi. 

Munculnya video ini langsung menjadi perbincangan publik. Di grup-grup WA para tokoh dan kiai banyak yang mempertanyakan siapa orang tua itu. (tim)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...