Kamis, 25 Februari 2021 06:22

Apollinaris Darmawan Diamankan Polisi, Fitnah Islam secara Terbuka

Minggu, 09 Agustus 2020 13:32 WIB
Editor: MMA
Apollinaris Darmawan Diamankan Polisi, Fitnah Islam secara Terbuka
Dalam tayangan layar video yang beredar di media sosial, pria tua itu tampak diamankan warga dan dijaga aparat kepolisian. Wajahnya mirip dengan pria tua yang menyatakan bahwa ajaran kurban tidak sesuai dengan Pancasila. Wajah ini mirip sekali dengan gambar di akun yang mengatasnamakan diri sebagai Apollinaris Darmawan. foto: WhatsApp

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebuah video beredar, seorang berambut putih tak pakai baju digelandang massa. Tampak aparat kepolisian sedang berjaga-jaga di tengah kerumunan massa yang mengamankan orang tua itu.

Dari video itu tampak jelas bahwa wajah pria tua itu mirip sekali dengan wajah yang terpampang dalam akun facebook bernama Appolinaris Darmawan. Yaitu wajah pria yang dalam video viral minta Islam dibuang dari Indonesia.

"Omongan dia sudah viral, Pak," kata salah seorang dari massa itu menjelaskan kepada polisi.  

Di media sosial juga beredar rasa syukur alhamdulillah karena orang tua mirip akun  bergambar Apollinaris Darmawan diamankan polisi. Namun nama asli pria tua itu hingga kini belum jelas. Karena di twitter juga muncul nama @hikdun.

Dalam jejak digital, akun bernama Apollinaris Darmawan ini sejak sekitar 10 tahun lalu secara terbuka dan terus menerus memprovokasi dan memfitnah Islam dan Nabi Muhammad. Tulis-tulisannya sangat kasar. Bahkan ia banyak sekali menyebut Muhammad biadab.

Namun ketika diajak diskusi ia menghindar. “Apa yang mau didiskusikan. Jelaskan saja bahwa Muhammad tidak biadab. Dan bahwa Muhammad bidab sudah saya tulis ada sumber di Quran,” tulis Appolinaris di akun facebooknya pada September tahun 2011.

Pada September 2014, Appolinaris menulis di Twitter begini: Menjelaskan secara terbuka dan beradab bahwa Islam bukan agama, melainkan ajaran sesat yang mendungukan serta membiadabkan umatnya.

Tampaknya Appolinaris tak puas karena tak ada orang yang merespons tulisan-tulisannya yang bersifat fitnah itu secara signifikan. Maka pada Hari Raya Idul Adha 1441 H (Jumat, 31 Juli 2020) lalu, beredar video yang isinya pria berwajah mirip gambar di akun bernama Appolinaris Dermawan itu.

Isinya memprovokasi bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Video provokasi itu beredar secara terbuka di media sosial. Dalam video itu pria tua tersebut secara terang-terangan memfitnah ajaran Islam tentang perintah kurban pada Hari Raya Idul Adha.

“Saudari-saudara sebangsa dan setanah air. Hari ini umat Islam melakukan tradisi menyembelih hewan yang tak berdosa untuk dikorbankan,” kata pria itu mengawali provokasinya. “Pertanyaannya dikorbankan untuk apa,… ini yang harus kita soroti,” katanya.

Jika dilihat dari kalimat “hari ini” berarti video itu dibuat pada Jumat, 31 Juli 2020, saat umat Islam merayakan Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

Ia menganggap bahwa ajaran kurban tak sesuai dengan leluhur nenek moyang kita dan bertentangan dengan Pancasila.

Ia juga mengatakan, bahwa tradisi kurban dilakukan sejak 1.400 tahun yang lalu. “Atas kemauan Muhammad. Seorang buta huruf yang mengaku Nabi,” katanya tanpa menyebut referensi yang jelas.

Sebelumnya, kata dia lagi, tidak ada tradisi mengorbankan hewan pada kaum Qurais. Dengan terus memprovokasi, ia mengatakan bahwa tradisi kurban itu diambil Muhammad dari bangsa Yahudi yang menyelenggarakan perayaan paskah untuk memperingati kemerdekaan bangsa Israel dari perbudaan di Mesir.

“Dalam Al-Quran tidak ada kewajiban mengorbankan hewan,” katanya memprovokasi. 

Munculnya video ini langsung menjadi perbincangan publik. Di grup-grup WA para tokoh dan kiai banyak yang mempertanyakan siapa orang tua itu. (tim)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 24 Februari 2021 07:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Wartawan kondang Dahlan Iskan luar biasa. Tulisanya sangat bernas. Bukan saja enak dibaca tapi juga penuh makna dan kaya warna.Baca saja tulisannya kali ini. Ia bercerita tentang listrik yang mati empat hari. Dampakn...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...