Kamis, 01 Oktober 2020 10:30

Tertutup Bagi Awak Media, Sidang Sengketa Bapaslon Perseorangan Vs KPU Surabaya Masih Buntu

Sabtu, 08 Agustus 2020 20:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurrozi
Tertutup Bagi Awak Media, Sidang Sengketa Bapaslon Perseorangan Vs KPU Surabaya Masih Buntu

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sidang sengketa hasil Verifikasi Faktual (Verfak) data dukungan bakal calon berseorangan (bapaslon) Yasin-Gunawan dengan KPU Kota Surabaya digelar secara tertutup, termasuk untuk awak media, Sabtu (8/8/20). Sidang bertempat di kantor Bawaslu Kota Surabaya itu tidak membuahkan titik temu.

Sidang Majelis Bawaslu Kota Surabaya ini sebagai kelanjutan penyelesaian sengketa hasil verifikasi faktual (verfak) 1 dan 2 bapaslon Yasin-Gunawan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU. Karena tak ada titik temu, sidang ditunda dan bakal dilanjutkan Senin (10/8/2020) depan.

Yasin yang hadir didampingi kuasa hukumnya, usai sidang mengatakan, bahwa KPU Kota Surabaya tetap menolak dan tidak mengabulkan permohonan aduan pihaknya untuk kembali melakukan verfak data dukungan 1 dan 2. Menurutnya, KPU terbentur dengan regulasi yang sudah ditetapkan.

"Jadi di sidang terbuka pada Senin depan kita buktikan, kita bakal menghadirkan ratusan saksi-saksi dan bukti visual data dukungan pendukung kami yang benar-benar tidak diverfak oleh KPU. Karena bagaimanapun, data dukungan yang di-TMS itu adalah hak kami dan tabungan kami," ujar Yasin.

Pada kesempatan sama, Hadi Margo, Kordiv. Penyeleseian Sengketa Bawaslu Kota Surabaya menyampaikan, tujuan musyawarah kali ini penyelesaian sengketa bapaslon Yasin-Gunawan dan KPU untuk membuat poin-poin kesepakatan. Namun, musyawarah itu masih menemui jalan buntu.

"Sesuai Perbawaslu 2/2020, bahwa sidang hari pertama, Jumat (7/8) kemarin dan hari kedua yang digelar hari ini (8/8) sifatnya memamg tertutup. Tapi berhubung kedua belah pihak tidak ada kata sepakat, ya kita lanjut dan kita gelar Senin depan," tegas Hadi, yang juga sebagai Ketua Majelis di sidang Bawaslu tersebut.

Menurut Hadi, pihak termohon (KPU) tidak sepakat, sehingga sidang pada Senin (10/8) besok agendanya adalah pemeriksaan. Yakni, menguji alat bukti para saksi dari bapaslon perseorangan Yasin-Gunawan dan pihak KPU Kota Surabaya.

Namun ketika bangsaonline.com meminta konfirmasi pihak KPU Kota Surabaya yang dihadiri Nur Syamsi sebagai Ketua KPU dan Suprayitno, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, keduanya kompak tutup mulut. Meski didesak pertanyaan, Suprayitno dan Nur Syamsi enggan memberikan komentar kepada awak media terkait hasil sidang tertutup tersebut.

"Ya sidang ini kan sifatnya tertutup, jadi tidak bisa berkomentar apa-apa. Besok Senin saja ya, baru sidangnya terbuka," ujarnya diplomatis. (nf/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...