Senin, 25 Januari 2021 21:34

​Gelorakan Jatim Bermasker, Ibu-Ibu di Sidoarjo Diharapkan Bantu Sadarkan Warga Patuhi Protkes

Jumat, 07 Agustus 2020 14:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
​Gelorakan Jatim Bermasker, Ibu-Ibu di Sidoarjo Diharapkan Bantu Sadarkan Warga Patuhi Protkes
Launching Jatim Bermasker Polresta Sidoarjo. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menggugah kesadaran masyarakat untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru. Polda Jawa Timur beserta Polres Jajaran menggaungkan Gerakan Jatim Bermasker.

Peluncuran gerakan Jatim Bermasker berlangsung pada Kamis (6/8/2020) sore secara virtual yang diikuti Forkopimda Jatim dan seluruh Kabupaten se-Jatim. Termasuk di Kabupaten Sidoarjo yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan jajaran Pimpinan TNI yang diselenggarakan di Posko Kampung Tangguh Semeru Balai Desa Pepelegi, Waru, Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji menjelaskan, Gerakan Jatim Bermasker bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (protkes) demi mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Sidoarjo.

"Hari ini kami menggandeng semua pihak, ada dari TNI, Polri, ibu-ibu, pelajar, mahasiswa, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, komunitas, Ansor, dan berbagai pihak lainnya untuk bersama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui Gerakan Jatim Bermasker," ujar Kombes Pol. Sumardji.

"Melalui Gerakan Jatim Bermasker ini, kita gelorakan agar masyarakat aman namun tetap produktif. Supaya masyarakat harus tetap sehat, dalam memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru saat ini. Untuk itu, ayo kita sosialisasikan dan edukasi masyarakat. Betapa pentingnya memakai masker guna meminimalisir penyebaran Covid-19," lanjut Sumardji.

Di Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo juga mengajak ibu-ibu dari Bhayangkari, Persit, Muslimat, Fatayat, dan ibu-ibu pengajian mulai dari tingkat desa hingga kabupaten agar lebih giat menggaungkan penggunaan masker, serta berbagai protokol kesehatan lainnya. Peran para ibu-ibu inilah diharapkan dapat mengedukasi pentingnya protokol kesehatan, baik di lingkup keluarga hingga di luar rumah.

Seperti diketahui, memakai masker dapat menjadi sarana untuk membatasi penyebaran virus, sehingga dapat tertolong dan terbantu. Karena dengan memakai masker, terbukti efektif mencegah penularan virus hingga 60 persen.

Sementara itu, menurut Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, Gerakan Jatim Bermasker sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengeluarkan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Gerakan Jatim Bermasker ini sangat bagus demi kesehatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat. Agar warga masih dapat beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan, serta menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat," pungkas Nur Ahmad Syaifuddin. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...