Rabu, 27 Januari 2021 18:09

​Peduli Pendidikan Warga, Pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya Disulap Jadi Sekolah Daring

Kamis, 06 Agustus 2020 19:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
​Peduli Pendidikan Warga, Pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya Disulap Jadi Sekolah Daring
Para pelajar saat sedang belajar secara online didampingi kakak-kakak karang taruna setempat. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tak biasanya Pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya ini ramai oleh anak-anak warga setempat. Mereka rupanya para pelajar SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) sedang belajar daring (online).

Mereka memanfaatkan wifi pendopo kecamatan untuk belajar secara daring. Pendopo tersebut memang sengaja disiapkan bagi para pelajar yang mengalami kendala, terutama akses internet saat mengikuti proses pembelajaran dari rumah.

Camat Tambaksari Surabaya, Ridwan Mubarun mengatakan, sejak Senin (3/8/2020) lalu, Pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk belajar daring. Pemanfaatan pendopo untuk akses belajar ini dengan menggandeng karang taruna kecamatan.

"Jadi, anak-anak muda ini (karang taruna), mereka mendata warga tidak mampu itu dan akhirnya dibukalah kelas di pendopo ini. Di mana kalau di pendopo ini kan internetnya pasti ada," kata Ridwan saat ditemui di kantornya, Kamis (6/8/2020).

Menariknya, pihaknya juga menyediakan fasilitas antar jemput dari rumah bagi pelajar tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan anak-anak itu datang ke lokasi dan pulang ke rumah dengan selamat.

"Mereka belajar didampingi kakak-kakak mereka dari karang taruna. Setelah belajar kita antar pulang lagi ke rumah mereka," ungkap Ridwan.

Menurutnya, kegiatan seperti itu sangat membantu para orang tua, terutama bagi mereka yang kesulitan menyiapkan akses internet untuk anaknya saat mengikuti belajar daring dari rumah. Karena itu, pihaknya berharap, tidak ada lagi orang tua siswa di wilayahnya yang mengalami kendala terkait akses internet untuk belajar.

"Jadi, kalau ada warga yang kesulitan data internet, monggo silakan manfaatkan Pendopo Kecamatan Tambaksari ini," pintanya.

Dari pantauan di lokasi pada Kamis (6/8/2020), setidaknya ada 20 pelajar yang memanfaatkan fasilitas wifi di Pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya. Meski demikian, para pelajar juga diwajibkan memakai masker ketika mengikuti proses pembelajaran.

Salah satu pelajar yang memanfaatkan fasilitas internet di Pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya adalah Ferlita. Pelajar Kelas VI SDN Ploso 1 Surabaya itu mengaku senang. Sebab, selain didampingi kakak-kakak karang taruna, akses internet juga tersedia.

Pelajar lain yang memanfaatkan fasilitas wifi tersebut adalah Narendra Rama Pramuditha. Siswa Kelas VI SDN Tambaksari 1 Surabaya ini mengaku lebih nyaman belajar di Pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya. Sebab, ketika di rumah ia mengaku kesulitan dengan akses jaringan internet. (ian/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...