Senin, 25 Januari 2021 19:59

​Pilbup Blitar 2020, Nasdem Resmi Koalisi dengan PDIP Usung Calon Petahana

Kamis, 06 Agustus 2020 16:56 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
​Pilbup Blitar 2020, Nasdem Resmi Koalisi dengan PDIP Usung Calon Petahana
Acara Penyerahan Rekomendasi Partai Nasdem kepada Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Rijanto-Marhaenis. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sejumlah partai politik mulai memanasi mesin menuju Pilbup Blitar 2020. Salah satunya, Partai Nasdem Kabupaten Blitar yang resmi mendeklarasikan diri mendukung pasangan petahana Rijanto-Marhaenis yang diusung PDIP. Deklarasi digelar Kamis (6/8/2020), dihadiri Kader Nasdem dan PDI Perjuangan Kabupaten Blitar.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Blitar, Nurhadi mengatakan, rekomendasi yang diberikan merupakan keputusan langsung dari Ketua Umum Partai Nasdem. Dasarnya adalah sesuai hasil survei internal yang dilakukan Nasdem.

"Hasil survei yang dilakukan membuktikan masyarakat masih menginginkan pasangan petahana, yaitu Rijanto-Marhaenis memimpin Kabupaten Blitar periode kedua," ujar Nurhadi, Kamis (6/8/2020).

Pertimbangan lainnya, pasangan petahana dinilai memiliki sejumlah prestasi dalam memimpin Kabupaten Blitar lima tahun terakhir. Salah satunya di bidang pengelolaan keuangan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengencualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kita yang punya dua anggota DPRD dan satu anggota DPR RI akan memiliki progres masing-masing. Selain kita juga akan menggabungkan kekuatan lama, dari pengurus DPD lama dan baru bahu membahu untuk memenangkan Rijanto-Marhaenis," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo menyampaikan terima kasih kepada Nasdem. Menurutnya, hubungan PDI Perjuangan dan Partai Nasdem sudah terbangun sejak 2014. Bahkan, hingga kini belum ada sekalipun gesekan karena saling berkomitmen.

"Kita membuka selebar-lebarnya kepada partai lain untuk bergabung. Selain Nasdem yang memastikan mendukung, kita juga sudah menjalin komunikasi intens dengan Partai Amanat Nasional (PAN)," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Rijanto, dia mengatakan dukungan dari Partai Nasdem ini menjadi modal untuk bersama-sama merapatkan barisan menuju Pilkada 2020.

"Partai Nasdem dan PDIP ini sejalan, yakni partai nasionalis. Ini adalah modal kita untuk Pilkada Blitar. Tentunya seperti yang selalu disampaikan Ketua DPC PDIP kami akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk koalisi dari parpol lain," jelasnya.

Selain pasangan petahana, nama lain yang santer dikabarkan bakal maju di Pilkada Kabupaten Blitar 2020 adalah Rini Syarifah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mak Rini.

Selain itu, ada pula politikus Partai Gerindra yang juga Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto. Serta pasangan Abdul Azis-Risyad yang balihonya tersebar di mana-mana. Namun dari nama-nama tersebut, baru pasangan petahana Rijanto-Marhaenis saja yang sudah resmi mengantongi rekomendasi dari partai pengusung. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...