Kamis, 01 Oktober 2020 12:08

Komisi IV DPRD Gresik Temukan Fakta Bahwa KPM BPNT Banyak Tak Tepat Sasaran

Senin, 03 Agustus 2020 10:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Komisi IV DPRD Gresik Temukan Fakta Bahwa KPM BPNT Banyak Tak Tepat Sasaran
Anggota Komisi IV DPRD Gresik, Noto Utomo.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Persoalan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Gresik, terus bermunculan. Kali ini Komisi IV DPRD Gresik menyorot data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT yang tak tepat sasaran.

"Banyak fakta kalau KPM BPNT tidak tepat alias salah sasaran," ungkap Anggota Komisi IV DPRD Gresik, Noto Utomo kepada BANGSAONLINE.com, Senin (3/8).

Sebelumnya Polres Gresik telah turun tangan mengusut dugaan penyimpangan penyaluran BPNT lantaran komoditi yang diterimakan tak sesuai pagu anggaran Rp 200 ribu per bulan. 

Noto yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Gresik ini kemudian mengungkapkan sejumlah fakta KPM BPNT yang salah sasaran di wilayah Gresik Utara. Menurutnya, di wilayah tersebut banyak warga tak mampu, ternyata justru tak mendapatkan BPNT. Sementara KPM yang seharusnya tak dapat karena sudah mampu, justru mendapatkan BPNT.

"Banyak itu di wilayah Gresik Utara. Bahkan, ada salah satu Kesra Desa di salah satu desa di wilayah Kecamatan Bungah gegeran dengan warga lantaran diprotes soal pemberian BPNT yang tak tepat sasaran," ungkap Noto.

Noto mengatakan, temuan warga tak mampu yang tak mendapatkan BPNT itu terungkap saat penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk warga terdampak Covid-19. Saat itu ada puluhan KPM yang diprotes KPM lain karena dapat BLT JPS. Padahal, KPM tersebut setiap bulannya sudah mendapat BPNT.

Sementara sesuai regulasi, seharusnya KPM baru boleh menerima BLT JPS apabila belum pernah mendapat bantuan bentuk apapun dari pemerintah. "Ternyata setelah dikroscek, KPM tersebut tak pernah mendapatkan BPNT. Padahal masuk kriteria. Ini kan amburadul namanya pendataan BPNT-nya," ungkap Noto.

Noto melanjutkan, bahwa puluhan KPM yang tak mendapatkan BPNT itu kemudian dilaporkan ke Dinas Sosial (Dinsos) agar didata untuk mendapatkan BPNT. "Yang kami dapatkan, Dinsos telah mendata dan dijanjikan dapat. Faktanya, sampai saat ini KPM tersebut tak mendapatkan," terangnya.

Untuk itu, Noto mendesak Dinsos dan pihak berwenang agar lebih cermat dan tepat dalam mendata para KPM penerima BPNT agar tepat sasaran.

Ia juga meminta pemerintah desa fair dalam melakukan pendataan terhadap warganya yang akan mendapatkan bantuan pemerintah. "Jangan sampai tak didata karena waktu Pilkades tak memilih dirinya. Atau karena keluarga atau kerabat, kemudian dikasih bantuan meski tak memenuhi syarat. Hal seperti itu jangan dilakukan. Sudah tak zamannya. Saat ini zamannya transparan. Warga pun bebas protes ketika merasa tak diperlakukan adil oleh desa," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...