Senin, 21 September 2020 09:02

​Gelar Demo di Kantor Dewan, Pekerja Seni Sor Terop Kediri Tuntut Diizinkan Gelar Pertunjukan

Kamis, 30 Juli 2020 14:05 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Gelar Demo di Kantor Dewan, Pekerja Seni Sor Terop Kediri Tuntut Diizinkan Gelar Pertunjukan
Aksi demo pekerja seni menuntut diizinkan kembali menggelar pertunjukan. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD Kabupaten Kediri. Aliansi ini beranggotakan para pekerja seni dari seluruh Kabupaten Kediri yang selama pandemi Covid-19 tidak bisa tampil karena masih ada pembatasan.

Mereka membawa puluhan mobil dan truk yang memuat sound system yang memutar musik-musik cadas, sehingga suasana menjadi ingar bingar seperti pasar malam.

Aparat kepolisian dari Polres Kediri dibantu TNI dan Satpol PP Kabupaten Kediri, dengan sabar mengamankan jalannya aksi demo. Aksi mereka diikuti ratusan anggota yang didukung sedikitnya 100 sound system. Mereka juga membentangkan beberapa poster.

Dalam orasinya, Ridwan, Korlap Aksi, menuntut agar Bupati Kediri mengizinkan para pekerja seni untuk bisa bekerja lagi. "Sudah 5 bulan ini, kami menganggur dan tidak ada pemasukan sama sekali. Kami ingin bekerja lagi. Kami tidak ingin menggantungkan hidup kami kepada bantuan," ujar Ridwan, Kamis (30/7/2020).

Selain diikuti para pekerja seni dari kalangan lelaki, aksi demo ini juga tampak beberapa perempuan yang salah satunya terlihat membawa anaknya. Si Ibu menggendong buah hatinya ikut berpanas-panasan bersama pekerja seni lainnya, menuntut agar Bupati Kediri mengizinkan para pekerja seni bisa manggung kembali.

Perwakilan mereka akhirnya diterima oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri untuk berdialog di Ruang Kilisuci Pemkab Kediri. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi menjelaskan bahwa Kabupaten Kediri ini masih di zona oranye. Karena masih di zona oranye, maka di Kabupaten Kediri belum boleh ada acara yang bisa mendatangkan banyak orang.

"Kabupaten Kediri masih berada di zona oranye, sehingga masih belum boleh adanya kerumunan di masyarakat. Izin akan diberikan setelah masuk zona kuning. Itu pun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Slamet Turmudi yang juga Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri.

Dialog berlangsung alot, karena Tim Gugus Tugas tetap bersikukuh bahwa di zona oranye belum boleh ada kerumunan, sehingga belum bisa memberikan izin pertunjukan. Di lain pihak, perwakilan Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri tetap menuntut agar diberikan izin untuk menggelar pertunjukan meski tetap dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan. Karena tidak ada titik temu, maka Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri mengancam akan datang lagi dengan massa yang lebih banyak. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...