Senin, 21 September 2020 10:12

Makam ​Sunan Bonang Dibuka: Maksimal 25 Menit, Peziarah Tak Pakai Masker Dilarang Masuk

Senin, 27 Juli 2020 21:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Makam ​Sunan Bonang Dibuka: Maksimal 25 Menit, Peziarah Tak Pakai Masker Dilarang Masuk
Para peziarah saat berdoa di Makam Sunan Bonang.

Makam Sunan Bonang Dibuka Kembali, Peziarah Tak Pakai Masker Bakal Disuruh Balik Kanan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata religi Makam Sunan Bonang Tuban secara resmi dibuka kembali oleh Bupati Tuban H Fathul Huda pada Senin (27/7).

Meski sudah dibuka, namun peziarah diminta menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan, jika tidak memakai masker, maka peziarah dari mana pun harus kembali.

"Kalau tidak mematuhi protokol kesehatan Kita suruh balik, termasuk tidak menggunakan masker," ujar Plt, Ketua Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban, KH Sutrisno Rahmat saat diwawancari di lokasi makam.

Ia mengimbau umat Muslim yang hendak berziarah dan membawa rombongan agar mendaftarkan diri secara online. Jika rombongan tidak bisa online, nantinya pengurus tetap menyediakan formulir. Tujuannya, agar pengurus atau pemkab dapat mendeteksi asal usul peziarah yang masuk ke makam.

"Ini ketentuan yang harus dipatuhi oleh peziarah," paparnya.

Ketentuan lain menurut Sutrisno, peziarah hanya diperbolehkan di area makam paling lama 25 menit. Kemudian, maksimal membawa 60 jamaah, dan berjarak 1 meter setiap jamaah.

Selain itu, peziarah wajib dilakukan pengecekan suhu dan cuci tangan sebelum masuk area makam setiap. Nantinya perilaku tersebut akan diarahkan oleh petugas dan pengurus.

"Mulai pembukaan ini kami sudah menyiapkan 30 petugas. Selama bertugas mereka akan menggunakan masker dan face shield," terangnya.

Sementara itu, Bupati Tuban H Fathul Huda berharap, uji coba pembukaan wisata religi dapat berjalan lancar. Ia berpesan kepada pengurus agar tidak sampai ada pasien Covid-19 yang berasal dari klaster wisata. Oleh sebab itu, petugas jaga diwajibkan bertindak tegas bagi peziarah yang abai terhadap protokol kesehatan.

"Semoga pembukaan Wisata Religi ini dapat berjalan dengan lancar," harap Bupati Fathul Huda setelah meresmikan pembukaan Wisata Religi Sunan Bonang Tuban. (gun/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...