Senin, 25 Januari 2021 20:19

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pupuk Organik, 30 Ha Lahan Tanaman Padi Disemprot Phonska Oca

Jumat, 24 Juli 2020 18:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pupuk Organik, 30 Ha Lahan Tanaman Padi Disemprot Phonska Oca
Sekitar 60 petani melakukan penyemprotan tanaman padi menggunakan pupuk organik cair Phonska Oca.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang menggelar penyemprotan massal pupuk NPK dan organik cair Phonska Oca pada lahan pertanian seluas 30 hektare di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Jum'at (24/07).

Penyemprotan tersebut melibatkan 60 petani dari Kelompok Tani Gempol Makmur dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih ikut terlibat dalam penyemprotan padi di lahan setempat.

Digna Jatiningsih mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya dilaksankan di Kabupaten Lumajang saja. Namun juga dilaksanakan di tiga Kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Bojonegoro. Selain itu juga dilaksanakan di dua Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Sragen dan Banjarnegara.

"Kegiatan ini kami laksanakan secara beruntun di enam Kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan sosialisasi dan edukasi serupa di berbagai daerah lainnya," ujarnya.

Sementara penggunaan pupuk Phonska Oca, kata Digna, merupakan upaya Petrokimia Gresik untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan melalui peningkatan produktivitas sekaligus perbaikan kondisi tanah.

Hal ini sangat penting mengingat berdasarkan data Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) tahun 2018, setidaknya 70 persen dari 8 juta lahan pertanian di Indonesia kurang sehat. Artinya sekitar 5 juta hektare lahan sawah memiliki kandungan bahan organik yang rendah.

Kondisi ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya penggunaan pupuk anorganik dan pestisida yang berlebihan dalam jangka panjang yang sangat menyebabkan kandungan bahan organik dalam tanah terdekomposisi dan semakin sedikit.

"Untuk itu dalam kegiatan ini, kami ingin meningkatkan kesadaran petani tentang pentingnya penggunaan pupuk organik dalam hal ini pupuk Psonska Oca," katanya.

Digna mengajak kepada seluruh petani di Indonesia menerapkan pemupukan berimbang. Yaitu, perpaduan pupuk organik dan anorganik sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Tujuannnya agar produktivitas pertanian dapat meningkat dan pelestarian alam tetap terjaga.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendorong penerapan pupuk organik, dan pemupukan berimbang demi keberlanjutan pertanian," pungkasnya. (ron/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...