Akhirnya, Wisata Edukasi Petik Mangga di Desa Oro-Oro Ombo Kulon Terwujud

Akhirnya, Wisata Edukasi Petik Mangga di Desa Oro-Oro Ombo Kulon Terwujud Ketua DPRD Pasuruan H. M. Sudiono Fauzan (tengah) dan Anggota DPRD Saad Muafi (kanan) disambut Kades Hariyono.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Oro-Oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, akhirnya meresmikan wisata edukasi petik alpukat, Kamis (23/7). Peresmian dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, H. M. Sudiono Fauzan.

Disampaikan oleh Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kulon Hariyono, wisata petik itu merupakan salah satu program yang dijanjikannya saat kampanye Pilkades lalu. Tujuan mendirikan program tersebut, untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat, sekaligus peningkatan BUMDes.

"Jadi sewaktu-waktu program ADD atau DD dihapus, kami punya cadangan BUMDes sebagai perkembangan ekonomi masyarakat di desa kami," terang ia saat sambutan.

Sementara Ketua DPRD Pasuruan Sudiono Fauzan mengapresiasi kemajuan di wilayah Rembang, khususnya di bidang pertanian. Hingga saat ini Rembang dikenal sebagai penghasil alpukat.

"Rembang itu dulu dikenal wilayah terbelakang, yang dikenal hanya sirinya (penikahan siri)," tandas pria yang akrab disapa Dion itu, yang disambut oleh tawa hadirin.

Dalam kesempatan ini, Dion juga menceritakan awal mula adanya istilah alpukat. "Sebenarnya itu berawal dari iseng. Saya, Gus Irsyad (Bupati Pasuruan), Gus Ipul (kakak Gus Irsyad) dan tokoh lainnya, duduk santai sarungan sambil makan , iris-irisan bagian tengah biji . Kemudian diputar, kok persis kaya alpukat," jelas dia.

Akhirnya, ide itu kemudian dikembangkan dan diulas sebaik mungkin agar diketahui oleh khalayak umum, bahwa ciri khas alpukat tersebut berasal dari Kabupaten Pasuruan.

Selain Sudiono Fauzan, peresmian wisata petik alpukat tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Saad Muafi, Camat Rembang, dan segenap perangkat desa. (afa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO