Sabtu, 19 September 2020 15:22

34 PDP Covid-19 dari 10 Kecamatan di Kediri Jalani Swab Test

Sabtu, 18 Juli 2020 18:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
34 PDP Covid-19 dari 10 Kecamatan di Kediri Jalani Swab Test
Nakes dari Puskesmas Gampengrejo bersiap melaksanakan swab test.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan apakah masih terpapar Covid-19 atau tidak, 34 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dari 10 kecamatan di Kabupaten Kediri menjalani pemeriksaan swab test di Puskesmas Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Sabtu (18/7).

dr. Heri Hartono, Kepala Puskesmas Gampeng kepada wartawan menjelaskan, bahwa secara keseluruhan pemeriksaan pasien-pasien ini merupakan tindak lanjut terhadap mereka yang telah dinyatakan reaktif (r) rapid test dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun PDP yang menjalani swab test adalah rinciannya dari Gampengrejo 13 orang, Tarokan 6 orang, Grogol 2 orang, Tiron 4 orang, Sidomulyo 2 orang, Wates 2 orang, Plosoklaten 1 orang, Pranggang 1 orang, Gurah 1 orang, dan Wonorejo 2 orang.

Disampaikan oleh dr. Heri, bahwa pasien-pasien tersebut datang menggunakan masker, face shield (pelindung wajah), dan hand scoon (sarung tangan) diantar petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, dan diantar dengan mobil puskemas keliling (pusling) kecamatan masing-masing.

Pemeriksaan swab dilakukan di Utara Puskesmas Gampeng, yakni di Ruang Medis sebelah barat Kantor Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri.

Tindakan medis pemeriksaan swab, lanjut dr Heri, yakni pengambilan cairan lendir di tenggorokan dan atau hidung, “Air liur yang ada di dahaknya diambil dan ada alatnya untuk mengambil,” kata dr. Heri, Sabtu (18/7).

Mengingat Kabupaten Kediri belum memiliki alat pemeriksaan swab (PCR), maka hasil pengambilan swab test selanjutnya dikirim ke Surabaya. Hasilnya kurang lebih baru bisa diketahui setelah tujuh hari.

"Hasil pemeriksaan swab test akan menjadi dasar untuk memastikan kondisi kesembuhan pasien bersangkutan. Apabila masih positif, maka tetap dilakukan isolasi mandiri," pungkas dr. Heri. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 19 September 2020 12:59 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Royal Singosari Hospitality merupakan operator hotel lokal yang memiliki 5 (lima) hotel tersebar di 3 (tiga) kota besar yaitu Bali, Surabaya dan Lombok.Telah sukses dengan Brand Royal Singosari pada 3 hotel yang sudah bero...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...