Temuan Obyek Cagar Budaya di Brumbung Mengarah ke Petirtaan Abad 10-12 Masehi

Temuan Obyek Cagar Budaya di Brumbung Mengarah ke Petirtaan Abad 10-12 Masehi Lokasi ekskavasi yang sudah menampakkan struktur bata berupa petirtaan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ekskavasi Arkeologi yang dilakukan oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur atas temuan dugaan obyek cagar budaya di Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Kamis (16/7), sudah memasuki hari ke-4 dari rencana 5 hari.

Pada ekskavasi hari ke-4 ini, Tim BPCB Jatim yang didampaingi oleh Tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Kediri, telah menemukan struktur obyek cagar budaya yang mengarah kepada petirtaan yang diduga peninggalan Raja Bameswara dari Kerajaan Kadiri pada abad 10-12.

Wicaksono Dwi Nugroho, Arekeolog BPCB Jatim, menjelaskan bahwa penggalian di hari ke-4 ini difokuskan pencarian dugaan struktur batu bata di sisi Timur.

"Sesuai dengan hipotesis Kita bahwa struktur bata yang ditemukan di Dusun Kebonagung ini adalah petirtaan. Tapi untuk lebih jelasnya, akan Kita kaji lebih lanjut," kata Wicaksono di lokasi penggalian, Kamis (16/7).

Menurut Wicaksono, dalam penggalian sebelumnya juga telah ditemukan tembikar halus Majapahitan, porselen dari Vietnam, beberapa artefak dan potongan diduga gigi hewan sejenis sapi.

Sedangkan Yuli Marwantoko, Kepala Bidang (Kabid) Sejarah dan Kepurbakalaan Disparbud Kabupaten Kediri mengatakan pihaknya akan membuat nota dinas ke bupati untuk audiensi, jika bentuk obyek cagar budaya yang ditemukan sudah jelas.

"Mudah-mudahan nanti Ibu Bupati bisa hadir secara langsung ke lokasi," harap Yuli.

Sementara itu, Dra Nina Rossana, M.Si., Kasi Pelestarian Cagar Budaya, Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Disbudpar Jawa Timur bersama rombongan, telah mengecek langsung penemuan obyek cagar budaya di Desa Brumbung itu.

"Agenda kami adalah dalam rangka observasi, setelah kami menerima surat undangan dari BPCB Jawa Timur untuk pendampingan saat BPCB dilakukan ekskavasi di lokasi penemuan diduga obyek Cagar Budaya di Desa Brumbung, Kecamatan Kepung ini," kata Nina.

Nina menambahkan, berdasarkan penjelasan dari BPCB bahwa sebelumnya di area yang sama juga telah ditemukan beberapa patung dan prasasti yang saat ini sudah tersimpan dengan baik tempat di Timur Balai Desa Brumbung. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO