Di Tengah Pandemi Covid-19, Polres Kediri Kota Lakukan Panen Raya Kacang Tanah dan Ketela

Di Tengah Pandemi Covid-19, Polres Kediri Kota Lakukan Panen Raya Kacang Tanah dan Ketela Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana (tengah) saat melakukan panen kacang tanah di Kampung Tangguh Semeru Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, pangan menjadi sektor penting. Bahkan Badan Pangan Dunia atau Food Agriculture Orgazation (FAO) telah mengingatkan bahwa dunia di ambang krisis pangan.

Pemerintah sendiri sudah menekankan bahwa ketahanan pangan sangat penting, terutama terkait dengan kesiapan produksi pangan hingga pendistribusiannya.

Merespons hal itu, jajaran Korps Bhayangkara juga telah menyiapkan program ketahanan pangan nasional ini, sejak bulan Maret 2020 lalu. Termasuk yang dilakukan oleh jajaran Polres Kediri Kota.

Polres Kediri Kota dalam upaya dan antisipasi untuk menciptakan ketahanan pangan ini, telah menginisiasi terbentuknya kampung tangguh. Salah satunya adalah terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri yang masuk wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Di Kampung Tangguh Semeru Desa Parang telah dilaksanakan program ketahanan pangan dan telah dilakukan panen raya kacang tanah di lahan seluas sekitar 2 hektare dan ketela pohon.

Kontur tanah yang berada di pegunungan Lereng Gunung Wilis, dinilai sangat cocok untuk ditanami kacang tanah dan ketela pohon, selain padi dan jagung.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana menjelaskan, total ada sekitar 2 hektare lahan ketela dan kacang tanah yang dipanen. "Panen kacang tanah dan ketela ini sebagai salah satu upaya untuk ketahanan pangan dalam penghadapi pandemi Covid-19. Dengan demikian, masyarakat tidak tergantung pada bahan pokok tertentu saja," kata Kapolres kepada BANGSAONLINE.com, seusai melakukan panen raya, Kamis (9/7).

Ditambahkan oleh Kapolres, bahwa pihaknya bersama masyarakat tidak hanya melakukan panen kacang tanah dan ketela saja. Tetapi juga melakukan panen ikan lele di Kecamatan Grogol.

"Untuk kali ini, kita melakukan panen kacang tanah dan ketela di kampung tangguh semeru Desa Parang, Kecamayan Banyakan, serta panen ikan lele di Kecamatan Grogol," pungkas Kapolres. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO