Satgas Covid-19 BUMN Jatim Salurkan Bantuan Total Rp 34,88 Miliar

Satgas Covid-19 BUMN Jatim Salurkan Bantuan Total Rp 34,88 Miliar Direksi Petrokimia Gresik bersama Dirut PT Nusantara Sebelas Medika meninjau bantuan APD dan obat-obatan di Posko Command Center GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, saat Closing Ceremony Posko Satgas Covid-19 BUMN Jatim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 Jawa Timur (Jatim) resmi menutup operasional 33 Posko Percepatan Penanganan Covid-19 di kabupaten/kota wilayah Jatim, Selasa (30/6).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi dalam sambutannya secara virtual menjelaskan bahwa, penutupan posko ini seiring dengan adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan transisi masa new normal. Sehingga,  tugas satgas juga akan berangsur berkurang.

"Dari 35 posko yang tersebar di seluruh daerah di Jawa Timur, 33 di antaranya resmi ditutup. Sehingga hanya Posko Hotel Pesonna Surabaya dan Posko Command Center Gresik yang masih aktif hingga saat ini," ujar Rahmad.

Ke-35 posko ini sebelumnya dibangun atas sinergi 19 yang terlibat dalam SatgasTanggap Covid-19 Jatim sebagai tindak lanjut atas arahan Menteri Erick Thohir yang menginstruksikan agar seluruh turut berkontribusi dalam percepatan penanganan Covid-19 di seluruh daerah di Indonesia.

Adapun total bantuan yang disalurkan satgas per 26 Juni 2020 sebesar Rp 34,88 miliar.

Terdiri dari obat-obatan (Rp 2,68 miliar), Alat Kesehatan atau Alat Pelindung Diri (Rp 19,86miliar), sembako (Rp 8,52 miliar), dan bantuan lain senilai Rp 3,82 miliar. "Dari total bantuan tersebut, kontribusi Petrokimia Gresik sebesar Rp 24,4 miliar atau 70 persen dan 30 persen sisanya dari lain," ungkap Rahmad.

Bantuan tersebut disalurkan kepada rumah sakit rujukan, puskesmas, juga melalui pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, dan instansi pemerintah lainnya. Serta, diserahkan juga secara langsung kepada masyarakat Jatim.

Sejak awal posko dibangun pada bulan Maret hingga tanggal 23 Juni 2020, total kunjungan ke seluruh posko mencapai 17.989 orang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO