Minggu, 09 Agustus 2020 07:04

Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Beri Edukasi Soal Covid-19 lewat Webinar

Rabu, 17 Juni 2020 23:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Beri Edukasi Soal Covid-19 lewat Webinar
Webinar bertema Covid-19 yang digelar oleh siswa SMA Al Muslim Sidoarjo. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah siswa SMA Al Muslim Sidoarjo memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19 melalui web seminar (Webinar). Lima topik bahasan soal virus Corona disampaikan melalui webinar selama lima hari, 15-19 Juni 2020.

Kepala SMA Al Muslim Mahmudah, Rabu (16/6) mengatakan, sejumlah inovasi SMA Al Muslim dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), di antaranya kegiatan Webinar. Webinar membahas Covid-19 ini memakai aplikasi google meeting dan live youtube Al Muslim Jatim. Diketahui, adanya pandemi Covid-19 ini menuntut pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau yang biasa dikenal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Webinar ini dibagi menjadi lima topik selama lima hari. Di antaranya Covid-19 dari Sudut Pandang Al Quran dan Sains, Analisis Penyebaran Covid-19 di Indonesia, Dampak Covid-19 terhadap Sosial Ekonomi, Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta Peluang dan Tantangan Pandemi Covid-19.

"Progam Webinar ini untuk membiasakan siswa berpikir multidisipliner dalam menghadapi setiap permasalahan. Meski siswa belajar di rumah, mereka harus tetap aktif dan memiliki kontribusi dengan berbagi wawasan kepada masyarakat tentang Covid-19 seperti pada awal pandemi siswa SMA Al Muslim memproduksi hand sanitizer dan dibagikan di beberapa rumah sakit," imbuh Mahmudah yang juga calon doktor ini.

Penanggung jawab webinar, Umar menguraikan setiap topik webinar, dipaparkan dua narasumber. Webinar ini, seluruhnya dilakukan siswa SMA Al Muslim. Mulai narasumber, moderator, doa dan notulen.

Kata Umar, SMA Al Muslim selalu berusaha membuat terobosan baru untuk meningkatkan kompetensi siswa. Seperti komunikasi yang baik, berpikir kritis, agamis, percaya diri, peduli, kerja sama, dan berpikir ilmiah.

"SMA Al Muslim memberi ruang kepada siswa untuk mengkaji tentang pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini melalui webinar. Meski narasumbernya dari siswa siswi SMA, tetapi penyampaiannya luar biasa. Selain menyampaikan data, narasumber juga menganalisis data itu. Apalagi masing-masing kelompok didampingi Ustaz dan Ustazah dengan bidang keahlian masing-masing," beber Umar.

Ghaitsa Zahira Shofa, siswa kelas XI IPS sekaligus narasumber webinar SMA Al Muslim, mengatakan, setiap topik memiliki tim masing-masing. Tim terdiri dari MC, narasumber, pembacaan doa, notulen dan pencarian sumber data narasumber.

"Awalnya sempat deg-degan ketika ditunjuk sebagai narasumber dalam acara webinar SMA Al Muslim. Karena biasanya orang dewasa yang jadi narasumber. Tapi, alhamdulillah berkat doa dan pendampingan Ustaz dan Ustazah, orang tua dan teman-teman tim webinar berjalan lancar dan sukses," ungkap Ghaitsa.

Kegiatan webinar ini ternyata banyak direspons sejumlah pihak. Diantaranya dari negeri seberang, Malaysia. Beberapa mahasiswa Universitas Sains Malaysia turut bergabung dalam acara webinar SMA Al Muslim dan ikut berdiskusi aktif dalam webinar hari pertama dan kedua itu. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...