Sabtu, 08 Agustus 2020 01:41

Kapolres Bangkalan Dukung Bupati Latif Keluarkan Perbup Prokes Covid-19

Rabu, 17 Juni 2020 14:47 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Kapolres Bangkalan Dukung Bupati Latif Keluarkan Perbup Prokes Covid-19
Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra saat memberikan keterangan terkait dukungannya terhadap Perbup Prokes Covid-19 di era New Normal, Rabu (17/6/2020).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra mendorong Pemerintah Kabupaten Bangkalan segera menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19 menjelang diberlakukannya tatanan kehidupan baru (New Normal).

Menurutnya, perbup ini diperlukan sebagai payung hukum ketika terdapat masyarakat yang tidak mematuhi imbauan yang diberikan pemerintah dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19.

"Belajar dari daerah-daerah yang memiliki penyebaran Covid-19 yang tinggi seperti di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Itu mereka punya peraturan daerah melalui perbupnya," ungkapnya saat ditemui di Mapolres Bangkalan, Rabu (17/6/2020).

Menurutnya, cara ini sebagai upaya bersama agar masyarakat bisa lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Apalagi selama ini, pihaknya bersama Tim Gugus Tugas Bangkalan hanya sebatas memberikan imbauan.

"Tindakan ini harus ada pirantinya, yakni peraturan bupati dengan adanya sanksi administratif. Terutama kepada pelaku usaha yang menjadi titik kumpul warga agar bisa mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong dan mendukung penuh penetapan Perbup Covid-19. Sehingga, nantinya ada sanksi bagi masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan.

"Sanksi dapat berupa teguran, denda, atau penutupan izin usaha. Namun untuk penahanan tidak bisa, karena peraturan bupati itu harus di bawah ancaman 3 bulan," ujarnya.

Ditanya konsep perbup, ia mengaku tidak belum mengetahuinya, karena merupakan ranah dari pemerintah daerah. "Yang jelas kami terus mendorong Pemda Bangkalan untuk membuat peraturan bupati, sehingga kami mendapatkan rule penegakan hukum, serta masyarakat bisa lebih patuh dengan adanya perbup ini," pungkasnya. (ida/uzi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...