Tak Jadi Berangkat, Tiga CJH di Sumenep Tarik BPIH

Tak Jadi Berangkat, Tiga CJH di Sumenep Tarik BPIH A. Rifa’i Hasyim, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Gara-gara gagal berangkat ke tanah suci Mekkah tahun 2020, karena wabah Covid-19, tiga calon jemaah haji (CJH) di Kabupaten Sumenep, Madura, mengajukan penarikan Biaya Pelunasan Ibadah Haji ().

“Ya betul, kami sudah menerima pengajuan penarikan dari tiga calon jemaah tersebut. Pengajuan itu telah kita proses,” tutur Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Rabu (17/06/2020).

Sejak adanya keputusan penundaan pemberangkatan jemaah haji 1441 Hijriyah ini, ungkap Rifa’i Hasyim, pihaknya memperbolehkan calon jemaah untuk menarik -nya.

“Hal itu merujuk pada Keputusan Menteri Agama Nomor 4 Tahun 1994, calon jemaah yang mengajukan penarikan baru bisa mencairkan dananya setelah sembilan hari dari waktu pengajuan,” ujarnya.

yang bisa ditarik itu, lanjutnya, berupa dana pelunasannya. Bukan dana setoran atau tabungan awal. “Jadi bagi calon jemaah yang mau melakukan penarikan bisa datang langsung ke Kantor Kemenag Sumenep pada jam kerja,” paparnya.

Dana yang ditarik itu, secara langsung akan dimasukkan ke dalam rekening calon jemaah tersebut.

Saat pengajuan penarikan , calon jemaah wajib membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Seperti bukti setoran asli dan fotokopi biaya pelunasan dari bank, foto KTP dan aslinya, serta buku tabungan yang asli. (aln/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO