Hasil Monev ASN Pemkab Sidoarjo, Masih Banyak Temukan Warga Langgar Protokol Kesehatan

Hasil Monev ASN Pemkab Sidoarjo, Masih Banyak Temukan Warga Langgar Protokol Kesehatan PANTAU: Tim ASN Pemkab Sidoarjo saat monev di check point sebuah desa di Kecamatan Porong, Kamis (4/6) lalu. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Masih banyak warga yang melanggar protokol kesehatan saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga. Pelanggaran dimaksud, masih banyak warga yang tak memakai masker saat keluar rumah.

Itu hasil temuan dari monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan Tim ASN Pemkab saat turun ke sejumlah desa terkait penerapan PSBB tahap ketiga.

Saat turun ke lokasi, Kamis (4/6) lalu misalnya, tim tersebut juga menemukan di check point di sebuah desa di Kecamatan Porong. Jumlah penjaganya melebihi batas, lebih dari 3 orang. Bahkan ada check point yang dijaga oleh 8 orang.

Tim monev juga menemukan adanya petugas jaga di posko check point yang tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak. Temuan lainnya, masih banyaknya warga yang keluar rumah tanpa memakai masker, termasuk anak-anak usia antara 7-15 tahun, saat bermain di luar rumah tidak memakai masker.

Dua petugas monev dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten , Anita Inggit Zainuris Shofa dan Linda Cristi Corolina melaporkan pelanggaran lain juga dilakukan usaha warung kopi. Di mana penjualnya belum menerapkan protokol kesehatan, yakni tidak menyediakan tempat cuci tangan dan si penjual tidak bermasker.

Masih kurang disiplinnya warga dalam menerapkan protokol kesehatan saat keluar rumah akan menjadi bahan evaluasi tim monev PSBB tahap tiga.

Temuan petugas check point tak bermasker disinyalir juga terjadi di sejumlah desa lainnya. Penyebabnya, petugas check point ini tidak mengetahui detail bagaimana dan apa saja yang harus dilaksanakan saat di check point.

“Petugas memberikan edukasi langsung ke masyarakat terkait penyebaran virus Covid 19, serta edukasi cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan dan mematuhi atauran PSBB tahap tiga yang berbasis desa ini,” ujar petugas monev dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten , Anita Inggit Zainuris Shofa, Jumat (5/6).

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO