Sabtu, 08 Agustus 2020 00:53

​Kabupaten Kediri Dipastikan Belum Siap Menyongsong New Normal

Kamis, 04 Juni 2020 13:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Kabupaten Kediri Dipastikan Belum Siap Menyongsong New Normal
Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Melihat banyaknya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kabupaten Kediri, yakni 150 orang per 3 Juni 2020, maka Kabupaten Kediri dinyatakan belum siap menyongsong New Normal.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (4/6/2020).

"Meskipun memang benar Menteri Agama RI, Fachrul Razi telah menerbitkan aturan baru berupa SE (Surat Edaran) untuk membuka kembali rumah ibadah setelah sebelumnya dibatasi karena pandemi Covid-19. Namun, setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri menggelar rapat, telah diputuskan bahwa Kabupaten Kediri belum siap menyongsong New Normal dengan membuka rumah ibadah seperti sebelum ada pandemi," kata Zuhri.

Masih menurut Zuhri, aturan baru tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi.

"Kabupaten Kediri saat ini menduduki peringkat ke-4 terbanyak pasien terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Timur, sehingga tidak memungkinkan New Normal diberlakukan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Ditambahkan oleh Zuhri, hal yang sama juga diberlakukan bagi pondok pesantren (ponpes) yang saat ini mestinya sudah memasuki tahun ajaran baru. Apakah harus diliburkan dulu sampai keadaan normal, ataukah memulai tahun ajaran baru dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa pangasuh ponpes di Kabupaten Kediri seperti Ponpes Ploso, Mojo, dan ponpes di wilayah Kepung, terkait dengan keadaan terkini di Kabupaten Kediri. Tapi untuk memutuskan hal itu, akan digelar rapat pada hari Selasa depan," pungkas Zuhri.

Sebagaimana diketahui, Menteri Agama RI, Fachrul Razi telah menerbitkan SE (Surat Edaran) sebagai respons atas kerinduan umat beragama untuk beribadah di rumah ibadah dengan tetap menaati protokol Covid-19.

Surat edaran yang ditandatangani pada Jumat, 29 Mei 2020 itu, berisi panduan pelaksanaan kegiatan keagamaan secara kolektif (berjemaah) di rumah ibadah selama wabah Covid-19. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...