Rabu, 15 Juli 2020 09:18

Berikan Jaminan Kesembuhan Covid-19, RSUD dr. Mohammad Gunakan Apheresis

Selasa, 02 Juni 2020 19:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Berikan Jaminan Kesembuhan Covid-19, RSUD dr. Mohammad Gunakan Apheresis
Alat Baru Apheresis yang dipunyai RSUD dr. Mohammad Saleh untuk penanganan perawatan pasien Covid-19.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Untuk memberikan jaminan kesembuhan bagi para penderita COVID-19 atau Virus Corona yang mengalami perawatan secara kritis, RSUD dr. Mohammad Saleh Kota Probolinggo telah mempunyai alat canggih yang bernama Apheresis.

Alat terapi kesehatan ini nantinya bakal digunakan bagi pasien yang terpapar Covid-19. Alat ini digunakan untuk mendongkrak antibodi bagi pasien yang terpapar Corona.

Plt Direktur RSUD dr. Mohammad Saleh, dr Abraar HS Kuddah mengatakan, apheresis bisa membantu pasien COVID-19 melakukan terapi dengan proses mendongkrak antibodi.

“Biasanya diterapkan untuk pasien COVID-19 kritis atau emergency yang membutuhkan antibodi. Tujuan dasar kami adalah mempercepat penanggulangan COVID-19 dengan memberikan terapi alternatif terbaik,” ujarnya.

Alat pemisah komponen darah atau apharesis ini sifatnya portable, bisa mobile ke ruangan-ruangan rawat inap jika dibutuhkan.

Secara teknis, dokter spesialis patologi klinik di RSUD dr Mohamad Saleh dr Boby Mulyadi mengungkapkan, untuk pasien COVID-19 terapi yang digunakan adalah plasma pasien COVID-19 yang sudah sembuh diambil dengan alat ini.

Kemudian dimasukkan atau ditransfusikan ke pasien COVID-19 dengan kriteria berat atau parah. “Jadi, penelitian di luar negeri itu ada 19, ada 5 orang yang membaik dengan pemberian terapi menggunakan alat ini,” tutur dr Boby.

Bahkan penelitian menyebutkan hampir 50 macam jenis penyakit yang berkaitan dengan darah bisa diterapi dengan alat pendukung ini. 

“Cara kerja alat ini, komponen patologis yang jelek disaring atau buang, komponen yang baik dikembalikan ke tubuh pasien,” sambungnya.

Pemenuhan alat medis di RSUD terus dilakukan, setelah beberapa waktu lalu membeli alat tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction), kini rumah sakit di Jalan Panjaitan itu sudah punya apheresis. Dengan keberadaan alat-alat tersebut, RSUD memberikan kemudahan pelayanan kesehatan cukup di Kota Probolinggo saja.

“Untuk masyarakat tidak perlu takut lagi berobat ke RSUD. Satu langkah akan kami capai yaitu penempatan pasien COVID-19 akan kami taruh di satu gedung khusus sehingga tidak menulari pasien lain,” tegas dr Abraar. (ndi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...