Selasa, 04 Agustus 2020 11:41

Haji Tahun ini Ditiadakan, 1.300 CJH Tuban Gagal Berangkat

Selasa, 02 Juni 2020 18:53 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Haji Tahun ini Ditiadakan, 1.300 CJH Tuban Gagal Berangkat
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Umi Khulsum.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengumumkan tidak adanya pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini. Penundaan tersebut, dibacakan langsung oleh Menteri Agama, Fachrul Rozi.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Umi Khulsum mengatakan bahwa hal itu juga berlaku bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban yang harus mengikuti arahan dari pusat.

"Haji tahun ini ditunda, dan seluruh CJH akan diberangkatkan tahun depan," ujar Umi Khulsum kepada BANGSAONLINE.com via aplikasi pesan WhatsApp, Selasa (2/6/2020).

Umi Khulsum menjelaskan, pada tahun ini terdapat 1.300 CJH asal Tuban yang gagal berangkat ke Tanah Suci di tahun 1441 H. Mereka tergabung dalam kloter 1, 2, dan kloter 3.

Sedianya, para CJH itu telah melakukan pelunasan seluruh biaya ibadah haji. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat para jemaah harus rela menunggu lebih lama lagi untuk bisa mengunjungi Baitullah.

"Tahun ini ada 1.300 CJH asal Tuban yang gagal berangkat, mereka semua sudah melakukan pelunasan," imbuhnya.

Meski ditunda, para jemaah nantinya tidak akan dibebani biaya lagi, mengingat mereka sudah melakukan pelunasan. Namun, biaya haji nantinya akan disesuaikan dengan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2021.

"Biaya haji akan disesuaikan dengan Bipih tahun depan. Kalau Bipih tahun depan turun, ya sisanya dikembalikan ke jemaah," tuturnya.

Sementara persiapan pelaksanaan haji tahun ini, Kemenag Tuban telah melakukan beberapa tahapan, mulai verifikasi dokumen para CJH dan bimbingan manasik haji.

"Mayoritas CJH ini sudah mengikuti manasik di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU). Verifikasi dokumen sudah 80 persen," pungkasnya. (gun/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...