Pemprov Koordinasi dengan Pesantren agar Terapkan Protokol Kesehatan Sambut Santri Kembali Mondok

Pemprov Koordinasi dengan Pesantren agar Terapkan Protokol Kesehatan Sambut Santri Kembali Mondok Gubernur Khofifah, dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/6) malam.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap untuk memberikan fasilitasi bagi pondok pesantren yang akan menyambut santri untuk kembali belajar dan melakukan aktivitas dalam koridor new normal di tengah pandemi. 

Sebagaimana diketahui, santri yang menjadi siswa di madrasah maka akan mengikuti kegiatan belajar mengajar per 2 Juni 2020, namun dengan belajar di rumah. Ini karena mereka adalah santri yang ada di sekolah atau madrasah.

Namun juga ada santri yang hanya mengaji dan tidak mengikuti program pendidikan formal dan siap untuk kembali ke pesantren untuk mengikuti pendalaman pembelajaran keagamaan. Karena tahun ajaran baru biasa dilakukan di bulan Syawal tahun Hijriah.

Bagi pondok pesantren yang siap untuk menerima santri kembali belajar, Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap memberikan mitigasi dan sinergi agar bisa menerapkan protokol kesehatan secara baik.

“Sesuai dengan maklumat PWNU tentang pembukaan pembelajaran santri di pesantren, bahwa hal tersebut menjadi kewenangan masing-masing pengasuh pondok pesantren. Namun, sesungguhnya mereka santri pondok yang tidak ada pendidikan formal dan hanya program ngaji, mereka bisa langsung masuk ke pondok dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Gubernur , dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/6) malam.

Lebih lanjut, sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk bisa mendukung dan membantu pesantren untuk bisa menegakkan protokol kesehatan.

Gubernur rencananya akan memberikan bantuan alat perlindungan diri (APD) ke setiap poskestren di Jawa Timur dengan total bantuan APD yang akan diberikan sebanyak 34.650 buah. Bantuan APD untuk 1.286 pondok yang di dalamnya terdapat poskestren.

Selain itu juga akan membagikan vitamin C pada santri dengan total bantuan sebanyak 92.836 blister. Dan juga untuk untuk ustadz dan ustadzah sebanyak 52.759 blister.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO