Dukung ​UMKM Bangkit di Tengah Pandemi, Wali Kota Kediri Ikut Promosikan Lewat Akun IG

Dukung ​UMKM Bangkit di Tengah Pandemi, Wali Kota Kediri Ikut Promosikan Lewat Akun IG Promosi UMKM di Instagram. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wacana kelaziman baru (new normal), mulai ramai dibicarakan di tingkat nasional, pun di Kota Kediri. Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar memberi dukungan kepada UMKM untuk bangkit di tengah pandemi. Berbagai upaya dilakukan, termasuk mempromosikan UMKM di Instagram resmi Mas Abu, sapaan akrab wali kota, secara gratis.

Wali Kota Kediri mengatakan, bila ingin dipromosikan olehnya, tinggal menampilkan foto yang bagus di Instgram masing-masing, kemudian tandai (tag) Instagram @Abdullah_abe, nanti akan dipromosikan di Instagram resminya. Sejauh ini, telah ditampilkan di Instagram Story (instastory) dan di-highlight Mall pada akun @abdullah_abe.

“Di instastory hanya memuat 100 UMKM, kita akan pikirkan bagaimana agar bisa tampil lebih dari 100,” kata Mas Abu, Kamis (28/5/2020).

Wali Kota Kediri, pada dasarnya mendukung sepenuhnya usaha UMKM di Kota Kediri. Usaha-usaha yang berbasis produksi di Kota Kediri akan melibatkan banyak tenaga kerja, selain menghasilkan produk unggulan, sehingga akan mengurangi angka pengangguran dan menampung pekerja kreatif warga Kota Kediri.

“Kita ingin tidak hanya terpaku pada satu industri besar saja, tapi dari sektor UMKM. Selain itu, juga sektor pendidikan,” tambah Mas Abu. 

Oleh karena itu, Pemkot Kediri sangat mendukung adanya pertumbuhan sektor pendidikan mulai dari pembangunan sekolah dan universitas. Misalnya, berdirinya kampus Polinema, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Brawijaya di Kota Kediri.

"Dengan adanya kampus dan sekolah yang ada di Kota Kediri, akan membawa dampak di sektor usaha. Misalnya usaha makanan dan minuman untuk mahasiswa dan juga kos-kosan yang tentu saja memberi pemasukan yang tidak sedikit. Selain tenaga kerja yang direkrut dari dalam kampus/sekolah mulai dari tenaga pengajar, administrasi, hingga petugas kebersihan dan keamanan," tambah Mas Abu.

Lusia Nira, pemilik Garcia Snack, UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, mengaku follower-nya bertambah, setelah Wali Kota Kediri ikut mempromosikan usahanya. Usaha yang dirintis sejak tahun 2016, lanjut Lusia, kini mulai berkembang. Garcia Snack tak hanya menyediakan makanan ringan, tapi juga nasi berbagai menu.

“Atas dukungan pelanggan, saya buka outlet tahun 2018 di Jalan Erlangga. Outlet saya berupa gerobak yang melayani makan di tempat dan take away. Selama pandemi ini, lebih banyak take away dan pemesanan via daring," kata Lusia Nira. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO