Jumat, 10 Juli 2020 22:53

Dukung ​UMKM Bangkit di Tengah Pandemi, Wali Kota Kediri Ikut Promosikan Lewat Akun IG

Kamis, 28 Mei 2020 20:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Dukung ​UMKM Bangkit di Tengah Pandemi, Wali Kota Kediri Ikut Promosikan Lewat Akun IG
Promosi UMKM di Instagram. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wacana kelaziman baru (new normal), mulai ramai dibicarakan di tingkat nasional, pun di Kota Kediri. Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar memberi dukungan kepada UMKM untuk bangkit di tengah pandemi. Berbagai upaya dilakukan, termasuk mempromosikan UMKM di Instagram resmi Mas Abu, sapaan akrab wali kota, secara gratis.

Wali Kota Kediri mengatakan, bila ingin dipromosikan olehnya, tinggal menampilkan foto yang bagus di Instgram masing-masing, kemudian tandai (tag) Instagram @Abdullah_abe, nanti akan dipromosikan di Instagram resminya. Sejauh ini, telah ditampilkan di Instagram Story (instastory) dan di-highlight Mall UMKM Kediri pada akun @abdullah_abe.

“Di instastory hanya memuat 100 UMKM, kita akan pikirkan bagaimana agar bisa tampil lebih dari 100,” kata Mas Abu, Kamis (28/5/2020).

Wali Kota Kediri, pada dasarnya mendukung sepenuhnya usaha UMKM di Kota Kediri. Usaha-usaha yang berbasis produksi di Kota Kediri akan melibatkan banyak tenaga kerja, selain menghasilkan produk unggulan, sehingga akan mengurangi angka pengangguran dan menampung pekerja kreatif warga Kota Kediri.

“Kita ingin tidak hanya terpaku pada satu industri besar saja, tapi dari sektor UMKM. Selain itu, juga sektor pendidikan,” tambah Mas Abu. 

Oleh karena itu, Pemkot Kediri sangat mendukung adanya pertumbuhan sektor pendidikan mulai dari pembangunan sekolah dan universitas. Misalnya, berdirinya kampus Polinema, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Brawijaya di Kota Kediri.

"Dengan adanya kampus dan sekolah yang ada di Kota Kediri, akan membawa dampak di sektor usaha. Misalnya usaha makanan dan minuman untuk mahasiswa dan juga kos-kosan yang tentu saja memberi pemasukan yang tidak sedikit. Selain tenaga kerja yang direkrut dari dalam kampus/sekolah mulai dari tenaga pengajar, administrasi, hingga petugas kebersihan dan keamanan," tambah Mas Abu.

Lusia Nira, pemilik Garcia Snack, UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, mengaku follower-nya bertambah, setelah Wali Kota Kediri ikut mempromosikan usahanya. Usaha yang dirintis sejak tahun 2016, lanjut Lusia, kini mulai berkembang. Garcia Snack tak hanya menyediakan makanan ringan, tapi juga nasi berbagai menu.

“Atas dukungan pelanggan, saya buka outlet tahun 2018 di Jalan Erlangga. Outlet saya berupa gerobak yang melayani makan di tempat dan take away. Selama pandemi ini, lebih banyak take away dan pemesanan via daring," kata Lusia Nira. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...