Jumat, 03 Juli 2020 02:45

Jelang New Normal, Fraksi PKB Minta Pemkab Trenggalek Sediakan Sarpras di Ponpes

Kamis, 28 Mei 2020 19:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Jelang New Normal, Fraksi PKB Minta Pemkab Trenggalek Sediakan Sarpras di Ponpes
Amin Tohari, Sekretaris Fraksi PKB Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Menjelang pemberlakuan new normal atau kewajaran baru yang akan dimulai 1 Juni mendatang, Fraksi PKB Trenggalek meminta agar Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyediakan fasilitas sarana dan prasarana (sarpras) di pondok pesantren (ponpes).

"Untuk kehidupan new normal ini kami meminta pada pemerintah kabupaten untuk memberikan fasilitas kepada Pondok Pesantren," kata Amin Tohari, Sekretaris Fraksi PKB Kabupaten Trenggalek, Kamis (28/5).

Dijelaskan oleh Amin, fasilitas yang dikehendaki di pondok pesantren meliputi toilet, kamar tidur, ruang belajar bagi santri yang diharapkan sesuai dengan protokol kesehatan.

Menurutnya, dalam tiga bulan ke belakang ini sebanyak 20 ribu lebih santri dan santriwati serta 70 pondok pesantren yang ada di Kabupaten Trenggalek sudah tidak lagi menjalankan aktivitas seperti biasanya. Mereka diliburkan berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19.

Ia lantas menyampaikan bila nantinya kebijakan dari pemerintah pusat telah diberlakukan tentang new normal, maka ia meminta agar protokol kesehatan bisa diterapkan di pondok pesantren.

"Jadi, ketika (para santri) akan masuk ke Pondok (Ponpes), kan harus ada persiapan yang lebih dari pemerintah sekaligus menyiapkan anggaran," pintanya.

Ia memprediksi jika memasuki masa new normal nanti, kehidupan di pondok pesantren tidak di beri perhatian yang lebih oleh Pemerintah Kabupaten maka pemberlakukan new normal tidak akan berjalan efektif.

Amin menyatakan bahwa apa yang ia sampaikan tersebut merupakan aspirasi dari semua pihak terutama dari pondok pesantren dan dari Fraksi PKB yang selama ini kerap melakukan peninjauan ke pondok pesantren. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...