Sabtu, 11 Juli 2020 12:08

11 Kampung Tangguh Covid-19 Digerojok Bantuan

Kamis, 28 Mei 2020 15:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
11 Kampung Tangguh Covid-19 Digerojok Bantuan
Bupati Pungkasiadi dan Kapolres menerima bantuan penanganan Covid 19 dari Pelindo III.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Desa Balongmojo Kecamatan Puri, dinobatkan jadi Kampung Tangguh Covid-19. Warga kampung ini dianggap paling disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kampung Tangguh Covid-19 dibentuk untuk mengedepankan kedisiplinan, kemandirian, dan gotong royong di hulu, yakni desa-desa, dalam upaya mencegah maupun memutus mata rantai pandemi Covid-19,” kata Bupati Pungkasiadi saat peresmian Kamis (28/5) pagi.

Kampung Tangguh Covid-19 sendiri dibentuk secara swadaya, oleh, dan untuk desa itu sendiri. Kampung Tangguh Covid-19 minimal memiliki 3 satgas. Yakni satgas tangguh kesehatan, satgas tangguh pangan, dan satgas peduli. Warganya, juga rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menghindari kerumunan, selalu menjaga jarak, dan tetap melakukan aktivitas di rumah saja.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto AKBP Feby DP Hutagalung yang hadir menginformasikan bahwa Kampung Tangguh tidak hanya ada di Desa Balongmojo. Sebab di hari yang sama secara serentak, juga di-launching kampung yang sama di 14 desa.

Ia juga mengimbau jangan sampai pasien Covid-19 mendapat perlakuan diskiriminatif. Yang berlebih bisa membantu yang kekurangan. Gotong royong, kerja sama, dan kemandirian, itu yang terpenting.

Pemkab Mojokerto telah membentuk dan mengembangkan 11 Desa Tangguh Bencana. Selain aktif dalam penanganan bencana alam, selama masa pandemi Covid-19 ini juga aktif melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan masing-masing.

Kampung Tangguh Covid-19 Desa Balongmojo sendiri, saat ini telah mendapat bantuan dari Kapolres Mojokerto berupa 10 unit handphone untuk alat komunikasi, 5 kuintal beras, serta 20 dos mie instan.

Bupati Pungkasiadi juga menyerahkan bantuan berupa 500 masker kain, 2 alat semprot disinfektan, 1 dirigent disinfektan, dan beberapa unit thermogun. Selain itu, bantuan juga datang dari Ketua DPRD berupa 30 paket beras, 5 paket mie instant dan 12 paket minyak goreng.

Usai meresmikan Kampung Tangguh Covid-19 Desa Balongmojo Kecamatan Puri, Bupati Pungkasiadi menerima bantuan logistik penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto dari Pelindo III di peringgitan rumah dinasnya.

Bantuan diserahkan Soegeng Prayitno selaku perwakilan Pelindo III berupa 22 unit wastafel portable, 100 box masker medis, 100 box sarung tangan medis, 100 buah APD, serta disinfektan, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan cair masing-masing sebanyak 50 jerigen. (yep/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...