Jumat, 10 Juli 2020 23:35

Kembali Berulah Menjambret Perhiasan Usai Bebas Berkat Asimilasi, Petrus Diringkus

Selasa, 26 Mei 2020 16:20 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Kembali Berulah Menjambret Perhiasan Usai Bebas Berkat Asimilasi, Petrus Diringkus
Petrus, pelaku jambret yang ditangkap.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Petrus Salampessy (54), warga Perak Surabaya tak mengenal kata jera. Setelah mendapatkan asimilasi bulan lalu, pria 54 tahun itu belum juga insyaf. Dia justru kembali beraksi menjambret perhiasan emas milik Indrawati. Malang nasibnya, ketika hendak kabur ia malah terjatuh di parit.

Pencurian dengan kekerasan (curas) itu terjadi Selasa (26/5) pagi. Pukul 06.30, Indrawati pulang dari berbelanja di Pasar Wisata di Desa Pabean. Dia mengendarai sepeda angin. Lantaran jarak tempat kos dan pasar hanya selemparan batu.

Kala itu, perempuan 34 tahun tersebut mengenakan sejumlah perhiasan. Kalung dan sebuah liontin emas melingkar di lehernya. Indrawati tak sadar, aksesoris itu justru memancing tindak kriminalitas.

Memang benar. Dari kejauhan, Petrus terus mengintai gerak-gerik Indrawati. Pandangannya tak pernah lepas dari perempuan asal Jember itu. Dengan sabar, warga Perak Barat, Surabaya itu menunggu waktu yang tepat untuk melancarkan aksinya.

Indrawati menuntun sepedanya perlahan keluar pasar. Dia kemudian mengayuh sepedanya melintasi jalan Raya Pabean. Melihat itu, Petrus bergegas memacu motornya, Honda Scoopy W 6502 AX.

Pelaku sempat mendahului korban. Ketika situasi sepi, Petrus berbalik arah. Menuju arah Indrawati. Nah, saat berpapasan, tiba-tiba perhiasan ditarik paksa. Kalung emas putus. Korban jatuh terjerembab.

Indrawati berupaya bangkit. Dia sadar kalungnya sudah raib. "Saya langsung teriak maling-maling," ucapnya saat ditemui kemarin di Polsek Sedati.

Petrus berupaya kabur. Motor dipacu ke arah Tropodo. Di belakang pelaku, puluhan warga mengejar.

Awalnya, Petrus tak terkejar. Dia ngebut. Namun, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Saat melaju, dia tak menyadari di depannya ada sebatang kayu.

Seketika, pelaku menabrak kayu. Dia jatuh tersungkur di parit. Saat hendak kabur, Petrus tak lagi bisa berkutik. Warga sudah mengepungnya.

Warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sedati. Petugas tiba di lokasi kejadian. Sejurus kemudian pelaku dan barang bukti diamankan.

Kapolsek Sedati AKP Anak Agung Gede Putra Wisnawa menuturkan, Petrus dicecar sejumlah pertanyaan. Pelaku mengakui perbuatannya. "Katanya tidak punya pekerjaan. Nekat jambret," jelasnya.

Menurut Agung, Petrus merupakan penjahat kawakan. Dia pernah ditahan di Lapas Trenggelek lantaran kasus perampokan. Tanggal 2 April lalu, Petrus mendapatkan asimilasi. "Sudah ditahan, tetap tidak kapok," ujarnya.

Kini, bapak tiga anak itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Untuk kedua kalinya, dia kembali mendekam di penjara. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...