Rabu, 30 September 2020 17:36

Ratusan Buruh PT Surabaya Laundry di Pasuruan Keluhkan Gaji di Bawah UMK

Jumat, 22 Mei 2020 18:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Ratusan Buruh PT Surabaya Laundry di Pasuruan Keluhkan Gaji di Bawah UMK
Ilustrasi. foto: net

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan Buruh PT. Surabaya Laundry mengeluh dan menuntut pihak perusahaan membayar gaji sesuai UMK (Upah Minimum Kabupaten). Keluhan upah di bawah UMK sudah seringkali disampaikan ke Disnakersostran. Namun, sampai saat ini tak pernah membuahkan hasil.

Menurut keterangan Sulami, salah satu buruh yang sudah sekitar 3 tahun jadi karyawan di PT. Surabaya Laundry, sejak ia masuk kerja sampai saat ini, gaji yang diterimanya di bawah UMK. Bahkan, tunjangan yang biasa didapat, sejak enam bulan lalu tak dibayar.

"Sejak masuk kerja di perusahaan laundry dari berbagai keperluan rumah tangga, perkantoran maupun pabrikan itu, ratusan karyawan gaji di bawah UMK dan tak terima tunjangan," akunya.

Menurut dia, pihak perusahaan juga cerdik. Misalkan upah para buruh dibayar sesuai UMK, dan agen perusahaan merubah siasat memperpanjang jam kerja.

“Kalau semuanya mengikuti aturan, sebenarnya penyelesaiannya gampang. Tapi, meskipun perusahaan sudah mengikuti UMK. Hati-hati, jangan terjebak karena akan banyak turunannya. Seperti jam kerja dipanjangkan dan lainnya,” lanjutnya.

Bahkan ratusan buruh pernah unjuk rasa meminta Pemkab Pasuruan supaya perusahaan menurunkan pihak manajemen yang bikin buruh tidak digaji sesuai UMK.

Unjuk rasa ratusan buruh demi mendapat perhatian Disnakersostran itu malah berbuntut konyol. Pasalnya, tunjangan karyawan malah dihapus semua. 

Spontanitas ribuan buruh tersebut langsung menuntut pimpinan perusahaan asal Surabaya segera diganti karena beberapa kebijakan yang diduga merugikan karyawan. (ard/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...