Selasa, 02 Juni 2020 22:09

​Pakai Spanduk Hoax, Beri Rapor Merah Gubernur Jatim, Ternyata Kelompok Cipayung Minus

Jumat, 15 Mei 2020 13:24 WIB
Editor: MMA
​Pakai Spanduk Hoax, Beri Rapor Merah Gubernur Jatim, Ternyata Kelompok Cipayung Minus
Firman Syah Ali. foto: ist

Oleh: Firman Syah Ali

Jagat dunia maya geger dengan berita Rapor Merah terhadap Gubernur Jatim. Yang memberitakan rapor tersebut bukan hanya satu dua media, tapi lumayan banyak dan masif. Di antara media itu terdapat juga media arus utama. Kita ambil contoh berita yang diunggah oleh suarasurabaya.net. Di situ disampaikan bahwa Cipayung Plus memberi rapor merah terhadap Gubernur Jatim, disertai gambar para pimpinan Organisasi Cipayung, di antaranya Ketua PKC PMII Jatim duduk satu meja dengan para pimpinan organisasi Cipayung lainnya.

Di belakang mereka ada spanduk bertuliskan Konferensi Pers Pernyataan Sikap Cipayung Plus Jawa Timur. Dalam keterangan gambar ada sosok Abdul Goni, Ketua PKC PMII Jawa Timur. Namun dalam naskah pernyataan tidak ada nama Abdul Goni tersebut.

Penyebar berita ini rupanya paham karakter orang Indonesia. Kalau ada link berita mayoritas mereka hanya membaca judul dan lihat gambar, tapi malas membaca isi berita. Inilah yang disebut masyarakat lemah literasi. Bisa karena faktor mental, bisa juga karena faktor ekonomi, alias tidak punya cukup paketan internet.

Begitu saya membaca link berita ini di sebuah grup WA, saya terkejut. Karena ada foto Ketua PKC PMII Jatim di situ. Mana mungkin ketua PKC PMII Jatim ikut memberikan rapor merah terhadap "darah daging"nya sendiri, yaitu Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa. Walaupun di Kabupaten Pamekasan kemarin sempat muncul peristiwa pemberian rapor merah oleh PMII Cabang Pamekasan terhadap "darah dagingnya" sendiri, yaitu Bupati KH. Baddrut Tamam, namun ini kasuistis, jarang terjadi di daerah lain.

Usut punya usut, ternyata foto yang dipampang di situ adalah foto lawas, foto pernyataan Cipayung sikap waktu pilpres 2019 silam. Judul berita Cipayung Plus juga keliru. Sebab tidak bisa disebut Cipayung kalau tidak ada PMII di dalamya, atau ada PMII, namun tidak ada HMI atau GMNI di dalamya.

Pemberian rapor merah oleh mahasiswa terhadap pejabat pemerintahan itu biasa. Itu style mahasiswa. Itu kegiatan saya dulu waktu masih aktivis mahasiswa. Yang jadi masalah adalah judul berita dan foto berita yang hoax.

Berita-berita hoax seperti ini selain menurunkan martabat gerakan mahasiswa, juga menurunkan martabat media yang memuatnya. Belum lagi kalau kemudian berimplikasi pidana.

Saya menulis begini bukan karena Gubernur Jatim dan Ketua PKC PMII Jatim merupakan darah daging saya, sebab dalam perjalanan karier saya di birokrasi sejak tahun 2001 hingga detik ini, saya tidak pernah mendapatkan posisi jabatan strategis walaupun kepala daerah/wakil kepala daerahnya selalu "darah daging" NU. Saya menulis catatan kecil ini hanya ingin mengajak adik-adik mahasiswa untuk menempuh cara-cara bermartabat dalam mengekspresikan gagasan dan aspirasi.

Teruslah berdemokrasi, teruslah bermartabat, jangan tempuh cara-cara kurang terpuji.

Saya kakakmu.

Penulis adalah Bendahara Umum PW IKA PMII Jawa Timur 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...