Rabu, 15 Juli 2020 09:59

Desa Pekarungan Sukodono Awali Pencairan BLT-DD di Kabupaten Sidoarjo

Rabu, 13 Mei 2020 23:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Desa Pekarungan Sukodono Awali Pencairan BLT-DD di Kabupaten Sidoarjo
SIMBOLIS: Penyerahan BLT DD tahap pertama kepada warga di Desa Pekarungan, Kecamatan Sukodono, Rabu (13/5). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com- Sebanyak 36 Kepala Keluarga (KK) atau disebut Kelompok Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Pekarungan, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Rabu (13/5). 

Desa Pekarungan Kecamatan Sukodono menjadi pioner alias desa yang pertama dalam proses penyaluran BLT DD dari 322 desa se-Kabupaten Sidoarjo.

Simbolis penyerahan BLT DD digelar sederhana kepada tiga KK penerima yang dilakukan oleh Pj Kepala Desa Pekarungan Nur Iskan dihadiri Plt Camat Sukodono Mahmud serta Tim Pendamping Profesional Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP P3MD) Kabupaten Sidoarjo dan Kecamatan Sukodono.

"Alhamdulillah, setelah melalui sejumlah proses pendataan dari bottom up, serta telah diverifikasi dan validasi serta disetujui (disahkan) oleh Kecamatan Sukodono pada 8 Mei 2020 lalu, hari ini, Desa Pekarungan telah menyalurkan BLT DD untuk 36 KK penerima," cetus Mahmud, di sela prosesi penyerahan BLT DD.

Mahmud secara khusus menyampaikan apresiasi ke semua pihak baik pemerintah desa, RT, RW serta Kepala Dusun, Babinsa, Babinkamtibmas serta para pendamping desa yang tergabung di TPP P3MD Kabupaten Sidoarjo. "Jalinan kerja sama ini mesti semakin diperkuat guna penanggulangan dan pencegahan Covid-19," tegas Mahmud.

Pj Kades Pekarungan Nur Iskan yang juga staf Kecamatan Sukodono menjelaskan, semua prosedur untuk proses pendataan dilakukan mulai dari tingkat RT dan RW. 

"Prinsip partisipatif sangat kita kedepankan agar tidak jadi masalah di kemudian hari. Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) untuk pengesahan daftar 36 KPM dilaksanakan 29 April 2020. Alhamdulillah, hari ini 36 KK tersebut sudah bisa menerima BLT DD," ungkap Nur Iskan.

Profil penerima BLT DD, lanjut Nur Iskan, terdiri atas pertama kategori Sakit Kronis berjumlah 19 orang atau KK dan kedua, KK yang kehilangan mata pencaharian, sebanyak 17 KK. Sebagai informasi, setiap KK ini menerima BLT DD senilai Rp 600 ribu per bulan, yang diberikan selama tiga bulan.

Pihaknya, kata Nur Iskan, juga akan dan sedang proses untuk menerima sejumlah bantuan dari pemerintah kabupaten, pemprov, dan pusat seperti paket sembako pemkab, JPS pemprov serta PKH, BPNT, BLT Kemensos.

"Prinsipnya bagaimana bantuan itu tidak tumpang tindih sehingga semuanya bisa merasakan manfaatnya di tengah pandemi Covid-19," ungkapnya seraya menyebut warga Desa Pekarungan berjumlah 9.207 jiwa dengan 3.399 KK.

Tenaga Ahli TPP P3MD Kabupaten Sidoarjo HM Syaichu menyatakan, pihaknya akan mendorong terus agar 322 desa di Sidoarjo bisa merealisasikan BLT DD.

"Semua prosedur dan agenda di desa yang menjadi proses pengucuran BLT DD tetap dipantau dan didampingi oleh 148 orang TPP P3MD di Sidoarjo. Alhamdulillah, sudah pecah telor dengan adanya pencairan BLT DD pertama di Desa Pekarungan," ungkapnya.

Informasinya, kata Syaichu, besok ada sekitar empat desa lagi yang akan mencairkan BLT DD-nya. "Sukodono ada 1 desa yaitu Desa Wilayut. Lainnya di Kecamatan Waru yaitu Desa Janti, Desa Kepuh, dan Desa Pepelegi. Yang jelas semua KK penerima akan ditandai masing-masing rumahnya seperti di Desa Pekarungan, ditempeli stiker agar semua tahu dan transparan," kata mantan kades dua periode ini.

Dari data yang dihimpun, saat ini sudah ada sekitar 104 desa yang sudah merampungkan proses prasyarat pencairan BLT DD dari total 322 desa. "Targetnya semuanya bisa rampung dalam bulan ini," pungkas Syaichu. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...