Pemkab Tuban Keluarkan Perbup Wajib Pakai Masker, Ini Sanksi Jika Melanggar

Pemkab Tuban Keluarkan Perbup Wajib Pakai Masker, Ini Sanksi Jika Melanggar Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , H. Fathul Huda mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19, Selasa (12/5/2020).

Dalam Perbup tersebut, Pemkab menekankan agar setiap orang yang melakukan aktivitas di luar rumah, wajib menggunakan masker. Tak hanya itu, setiap pelaku usaha wajib memasang tanda atau peringatan kewajiban untuk menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker, maka wajib memberikan teguran kepada pengunjung.

Selain itu, Perbup juga mengatur untuk tidak memperkenankan pekerja yang masuk ke tempat kerja apabila tidak menggunakan masker. Untuk pemakaian masker itu sendiri, disesuaikan dengan kondisi di lingkungan usaha atau tempat bekerja masing-masing.

Bupati , H. Fathul Huda menegaskan, jika Perbup itu dilanggar maka dikenakan sanksi administrasi. Termasuk berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan sanksi bersifat pembinaan. Jika tetap membandel, maka terpaksa dilakukan penutupan sementara tempat usaha selama pandemi Covid-19. "Dengan adanya peraturan ini, kami minta agar dipatuhi masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, Perbup ini berlaku bagi masyarakat dan pendatang dari daerah lain. Harapannya, untuk memberikan perlindungan yang efektif kepada setiap orang dari bahaya sebaran Covid-19. "Kami harap masyarakat menggunakan masker jika keluar rumah. Karena itu demi pencegahan Covid-19," pungkasnya. (wan/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO