Rumah Sakit Surabaya Terbebani Pasien Luar Kota, IDI-Persi Janji Segera Atur Regulasi

Rumah Sakit Surabaya Terbebani Pasien Luar Kota, IDI-Persi Janji Segera Atur Regulasi Wali Kota Risma saat menemui perwakilan IDI cabang Surabaya dan Persi Jawa Timur di Dapur Umum Balai Kota Surabaya, Senin (11/5). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini menemui perwakilan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang dan perwakilan (Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia) Jawa Timur di dapur umum, Balai Kota , Senin (11/5).

Risma mengakui, bahwa berdasarkan data dan hitungannya, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 50 persen adalah warga luar . Bahkan, terdeteksi di Rumah Sakit Soewandhie dan Rumah Sakit BDH pasien Covid-19 dari luar datang langsung ke UGD.

“Kalau dia OTG lalu ke mana-mana di , misalnya ke warung makan dan tempat lain, tentu ini yang membuat berat kepada kami di . Belum lagi kalau dia bawa keluarga, sedangkan di salah satu keluarganya sudah ada yang positif sehingga ini berat ke kami. Itu yang kami sampaikan ke dan IDI,” kata Risma didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Febria Rachmanita dan jajaran kepala dinas lainnya.

Oleh karena itu, ia berharap semuanya harus mengikuti protokol dan aturannya, sehingga tidak semua orang harus dirujuk ke dan diterima oleh rumah sakit di .

“Kalau sedang-sedang saja dan masih bisa diatasi di daerah, kenapa harus dirujuk ke rumah sakit di ? Itu yang berat bagi kami dan sudah kami sampaikan ke dan IDI. Semoga segera ada solusi,” pungkasnya.

Ketua IDI Cabang dr. Brahmana Askandar mengapresiasi setinggi-tingginya berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Wali Kota Risma beserta jajaran Pemkot . Sebab, tracing yang dilakukan pemkot sudah sangat baik, sehingga dapat mendeteksi sejak dini pasien Covid-19.

“Cuma masalahnya rumah sakit adalah rujukan dari seluruh Jawa Timur. Bahkan, sebelum Covid-19 pun, selalu menjadi rujukan,” kata dr. Brahmana seusai bertemu Wali Kota Risma.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO