Bupati Mojokerto Resmikan Pembukaan Command Center Kabupaten Mojokerto

Bupati Mojokerto Resmikan Pembukaan Command Center Kabupaten Mojokerto H. Pungkasiadi, Bupati Mojokerto didampingi Kadis Kominfo saat membuka grand launching Command Center Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - H. Pungkasiadi, Bupati Kabupaten Mojokerto Pungkasiadi melakukan grand launching Command Center (pusat informasi berbasis digital terpadu) didampingi di Griya Wira Bhakti Praja, Sabtu (9/5/2020) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Pungkasiadi mengaku bangga dengan keberhasilan Pemkab Mojokerto dalam mewujudkan berdirinya Command Center. Fasilitas itu akan difungsikan sebagai tempat teleconference untuk rapat dengan instansi vertikal maupun horizontal. Tempat itu, telah dilengkapi dengan peralatan mutakhir yang bisa melayani video conference dengan baik dan nyaman.

Dia menuturkan, hadirnya Command Center juga bersandar pada Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang merupakan tonggak transformasi dari era e-Government, menuju i-Government.

"Dalam i-Government sendiri, tentu diperlukan sebuah tempat di mana pengambil keputusan dapat memantau segala hal dan mendapatkan data yang akurat secara real time, apalagi dalam situasi gawat darurat Covid-19 seperti saat ini. Untuk itulah kita bangun dan hari ini, mulai kita jalankan Command Center Kabupaten Mojokerto. Saya harap, ini akan mampu menumbuhkan kultur digital di masyarakat" ujarnya.

Menurutnya, masih banyak tugas Pemkab Mojokerto, salah satunya saat ini sedang dilakukan adalah membangun jaringan fiber optik yang menjangkau seluruh perangkat daerah di Kabupaten Mojokerto.

"Jaringan ini yang dalam SPBE dikenal sebagai Jaringan Intra Pemerintah akan kita fasilitasi dengan bandwidth internet 1 gigabyte. Jadi, Kabupaten Mojokerto sudah memasuki era giga, sudah tidak mega lagi," jelasnya.

Sementara itu, tahun depan Pemkab Mojokerto juga akan membangun co-working space di Pusat Informasi Perdagangan Sooko. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi pesatnya pertumbuhan start-up di Kabupaten Mojokerto. Selain itu, Pemkab Mojokerto juga akan menyertifikasi data center yang dikelola Diskominfo.

Acara itu, dihadiri oleh Ketua DPRD Ayni Zuroh, Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, Kapolres Mojokerto AKBP Feby DP Hutagalung, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Bogiek Sugiyarto, Kajari Kabupaten Mojokerto Hari Wahyudi, Sekdakab Herry Suwito, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Yayuk Pungkasiadi, serta para Kepala OPD lainnya. (ris/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO