Sabtu, 04 Juli 2020 10:19

Bupati Mojokerto Resmikan Pembukaan Command Center Kabupaten Mojokerto

Minggu, 10 Mei 2020 10:48 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Rochmad Aris
Bupati Mojokerto Resmikan Pembukaan Command Center Kabupaten Mojokerto
H. Pungkasiadi, Bupati Mojokerto didampingi Kadis Kominfo saat membuka grand launching Command Center Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - H. Pungkasiadi, Bupati Kabupaten Mojokerto Pungkasiadi melakukan grand launching Command Center (pusat informasi berbasis digital terpadu) didampingi di Griya Wira Bhakti Praja, Sabtu (9/5/2020) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Pungkasiadi mengaku bangga dengan keberhasilan Pemkab Mojokerto dalam mewujudkan berdirinya Command Center. Fasilitas itu akan difungsikan sebagai tempat teleconference untuk rapat dengan instansi vertikal maupun horizontal. Tempat itu, telah dilengkapi dengan peralatan mutakhir yang bisa melayani video conference dengan baik dan nyaman.

Dia menuturkan, hadirnya Command Center juga bersandar pada Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang merupakan tonggak transformasi dari era e-Government, menuju i-Government.

"Dalam i-Government sendiri, tentu diperlukan sebuah tempat di mana pengambil keputusan dapat memantau segala hal dan mendapatkan data yang akurat secara real time, apalagi dalam situasi gawat darurat Covid-19 seperti saat ini. Untuk itulah kita bangun dan hari ini, mulai kita jalankan Command Center Kabupaten Mojokerto. Saya harap, ini akan mampu menumbuhkan kultur digital di masyarakat" ujarnya.

Menurutnya, masih banyak tugas Pemkab Mojokerto, salah satunya saat ini sedang dilakukan adalah membangun jaringan fiber optik yang menjangkau seluruh perangkat daerah di Kabupaten Mojokerto.

"Jaringan ini yang dalam SPBE dikenal sebagai Jaringan Intra Pemerintah akan kita fasilitasi dengan bandwidth internet 1 gigabyte. Jadi, Kabupaten Mojokerto sudah memasuki era giga, sudah tidak mega lagi," jelasnya.

Sementara itu, tahun depan Pemkab Mojokerto juga akan membangun co-working space di Pusat Informasi Perdagangan Sooko. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi pesatnya pertumbuhan start-up di Kabupaten Mojokerto. Selain itu, Pemkab Mojokerto juga akan menyertifikasi data center yang dikelola Diskominfo.

Acara itu, dihadiri oleh Ketua DPRD Ayni Zuroh, Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, Kapolres Mojokerto AKBP Feby DP Hutagalung, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Bogiek Sugiyarto, Kajari Kabupaten Mojokerto Hari Wahyudi, Sekdakab Herry Suwito, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Yayuk Pungkasiadi, serta para Kepala OPD lainnya. (ris/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...