Siapkan Rp 4,38 Triliun, BI Kediri Tetap Dorong Masyarakat Gunakan Non Tunai

Siapkan Rp 4,38 Triliun, BI Kediri Tetap Dorong Masyarakat Gunakan Non Tunai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Sofwan Kurnia saat menggelar video conference, Senin (4/5).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (KPwBI) Kediri berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai yang diperkirakan sebesar Rp 4,38 triliun pada periode Ramadan/Idul Fitri tahun ini. Angka ini turun sebesar 14 persen dibandingkan periode tahun lalu.

Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia menjelaskan bahwa kebutuhan tersebut telah memerhatikan antisipasi kebutuhan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. Serta kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi COVID-19. Termasuk di dalamnya, pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Sofwan, kebutuhan uang tunai (outflow) tertinggi pada periode Ramadan/Idul Fitri tahun ini akan terjadi pada Minggu ke-2 bulan Mei 2020. Hal ini karena bersamaan dengan pembayaran Gaji dan THR pegawai ASN/TNI/Polri Golongan 3 (tiga) ke bawah.

"Dalam mencegah perluasan penyebaran COVID-19, KPw senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara non tunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard)," kata Sofyan kepada wartawan saat menggelar video conferece, Senin (4/5).

Berbeda dari tahun sebelumnya, lanjut Sofwan, memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam memitigasi penyebaran COVID-19, layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank.

"KPw telah berkoordinasi dan meminta perbankan, agar dalam memberikan layanan dimaksud menegakkan protokol pencegahan COVID-19 pada masa PSBB secara ketat yang telah ditetapkan Pemerintah. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing," terangnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO