Kamis, 29 Oktober 2020 01:04

LSM FPSR dan PP Bagikan Sembako, Uang, dan Masker ke Warga Terdampak COVID-19

Rabu, 29 April 2020 12:46 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
LSM FPSR dan PP Bagikan Sembako, Uang, dan Masker ke Warga Terdampak COVID-19
Ketua LSM FPSR bersama PP saat bhaksos bagi sembako dan masker dampak COVID-19. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komponen masyarakat Gresik yang ikut andil meringankan beban masyarakat kecil dampak pendemi virus Corona (COVID-19), terus bermunculan.

Kali ini LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR) berkolaborasi dengan Ormas Pemuda Pancasila (PP) Gresik melakukan bakti sosial dengan membagi-bagikan sembako berupa beras masing-masing 3 kg, masker, dan uang tunai.

Menurut Ketua LSM FPSR, Aris Gunawan, pandemi COVID-19 telah berdampak luas sehingga membuat kondisi ekonomi Indonesia, khususnya Gresik dan Provinsi Jawa Timur babak belur.

Bahkan, sudah banyak pabrik berhenti produksi dan pertokoan tutup. Kondisi ini menimbulkan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

"Beberapa sektor usaha seperti sektor wisata dan transportasi juga kena imbasnya. Sehingga banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian. Makanya, kami berupaya membantu meringankan beban mereka dengan kemampuan yang kami miliki," ujar Aris Gunawan kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (29/4).

"Bantuan paket sembako dan masker itu kami kumpulkan dari hasil sumbangan anggota FPSR dan PP serta beberapa donatur yang peduli terhadap korban PHK perusahaan dan masyarakat yang tidak mampu," ungkapnya.

Aris menjelaskan, penyaluran dilakukan tiap hari dari desa ke desa. "Dalam sehari, setidaknya lebih dari 400 paket yang disalurkan," terangnya.

Beberapa desa yang sudah tersentuh bantuan di antaranya, Desa Banyuurip  Kecamatan Kedamean, dan Desa Krikilan Kecamatan Driyorejo.

"Kegiatan sosial ini kami maksudkan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Gresik. Tujuannya, agar masyarakat bisa di rumah saja untuk mengurangi aktivitas di luar. Dengan demikian, penyebaran COVID-19 bisa ditangkal," terangnya.

Aris mengungkapkan, pihaknya sengaja menyalurkan langsung ke desa-desa dengan melibatkan perangkat desa setempat. Bantuan disalurkan melalui Ketua Rukun Tetangga (RT) karena yang punya data warga berhak mendapat bantuan.

"Bantuan kami distribusikan tiap hari hingga 15 Mei 2020. Sehari paling sedikit menyalurkan 300 paket sembako ke sejumlah desa di Gresik. Isinya beras kemasan 3 kg, masker, dan santunan ke anak yatim," terangnya.

"Semoga dengan bantuan ini bisa sedikit membantu saudara-saudara kami yang sedang ditimpa musibah selama pandemi COVID-19. Dan semoga pandemi ini cepat teratasi, sehingga situasi ekonomi cepat pulih," pungkas Aris. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...