PMI Jember Siapkan 2 Unit Mobil Jenazah Covid-19

PMI Jember Siapkan 2 Unit Mobil Jenazah Covid-19

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebagai langkah penanganan korban di Kabupaten , PMI setempat menyiapkan dua mobil jenazah untuk mengangkut korban virus Corona yang meninggal. Dua mobil itu saat ini standby di markas PMI Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, usai diluncurkan Ketua PMI kabupaten Zaenal Marzuki, Jumat (25/4/2020) kemarin.

Untuk satu mobil jenazah merupakan bantuan dari PMI Provinsi Jawa Timur dan satu lagi hasil modifikasi secara mandiri oleh PMI Kabupaten . Kini, kedua mobil jenazah sudah bisa digunakan untuk jejaring PMI seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Probolinggo.

"Mobil jenazah PMI itu untuk mengangkut jenazah yang positif , atau masih suspect, seperti yang masih berstatus Orang Dalam Pentauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," kata Marzuki saat dikonfirmasi wartawan lewat ponselnya, Sabtu (25/4/2020).

Dalam proses pengangkutan jenazah pasien terkonfirmasi itu, lanjut Marzuki, PMI Kabupaten diberi mandat khusus oleh Gubernur Jatim untuk melayani wilayah Tapal Kuda

"Semua personel dan dua ambulans jenazah disiagakan di markas PMI selama 24 Jam. Tentu siap dipanggil untuk melakukan penjemputan di wilayah penugasan tersebut," ujar dia.

Dalam pengangkutan jenazah baik berstatus ODP ataupun PDP, menggunakan protokol . Dalam peluncuran itu, Zaenal Marzuki juga menujukkan dua mobil beserta peralatan pengangkutan jenazah .

"Termasuk alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang mengangkut jenazah maupun driver ambulansnya," kata dia.

"PMI sebagai institusi kemanusiaan proaktif dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran di Kabupaten . Mobil jenazah PMI sudah siap untuk angkutan jenazah yang bersatus ODP, PDP, atau positif . Bahkan, petugas pengangkut jenazah dan driver-nya sudah dilatih secara khusus di RSUD dr Soetomo Surabaya," katanya. (ata/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO