Jumat, 10 Juli 2020 22:33

Sediakan Karaoke, Sejumlah Radio Ilegal di Banyuwangi Dinilai Langgar Maklumat Kapolri

Selasa, 21 April 2020 22:09 WIB
Editor: .
Wartawan: Ganda Siswanto
Sediakan Karaoke, Sejumlah Radio Ilegal di Banyuwangi Dinilai Langgar Maklumat Kapolri
Pengujung sedang karaoke di salah satu radio yang beralih fungsi di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Selama musim pademi Covid-19, banyak radio ilegal yang beralih fungsi jadi tempat karaoke di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Hal ini dikeluhkan masyarakat, karena dinilai tidak menghiraukan imbauan atau protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pasalnya, di tempat karaoke itu banyak orang yang berkerumun. Bahkan hingga jam 2 pagi.

Selain itu, tempat tersebut juga dianggap tak mengindahkan Surat Edaran Bupati, agar para pengusaha tempat hiburan karaoke dan tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi harus tutup total selama musim pandemi Covid-19.

Keberadaan radio ilegal yang dikomersilkan menjadi tempat karaoke itu juga melanggar aturan penyiaran dan frekuensi radio. Dikarenakan radio ini tidak menaati aturan prosedur penyiaran yang benar.

Hal ini sebagaimana disampaikan salah satu tokoh masyarakat yang meminta namanya tidak dipublikasikan. Menurutnya, radio komersial harus dan wajib menyiarkan informasi publik seperti berita, talkshow, ataupun iklan.

"Tetapi, radio ilegal ini tidak sama sekali menyiarkan berita maupun iklan. Mulai buka sampai tutup dibuat karaoke dan dikomersilkan dengan tarif 10.000 rupiah tiap pengunjung per empat lagu. Hal semacam ini yang perlu disikapi dan perlu dipertanyakan perizinan usahanya. Tempat ini radio atau termasuk tempat hiburan karaoke, agar jelas keperuntukan usahanya," cetusnya.

Terkait hal ini, Rifai, Kasi Penegak Perda Satpol PP Kabupaten Banyuwangi, saat dikonfirmasi via WhatsApp mengaku tidak bisa menindak radio-radio yang beralih fungsi tersebut.

"Kalau urusan radio ilegal yang bisa menindak dan menertibkan dari balmon (balai monitoring). Satpol PP hanya memberikan imbauan saja terkait dampak penyebaran Covid-19 dan membubarkan kerumunan warga yang berada di warung atau di tempat radio ilegal berkedok karaoke. Tempat-tempat itu harus disterilkan dari kerumunan masyarakat yang menjadi pengunjung," katanya.

"Seandainya tidak diindahkan, berarti pemilik usaha stasiun radio plus karaoke sudah melanggar maklumat Kapolri. Berarti yang punya wewenang penuh untuk menindak dan menutup tempat seperti radio ilegal berkedok tempat karaoke adalah pihak kepolisian. Karena radio ilegal ini dikomersilkan untuk tempat hiburan karaoke, ya harus ditutup dan dihentikan kegiatannya," terangnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...