Terima Pembagian Si Jamal, Seorang Jukir di Kota Kediri Tak Pusingkan Cicilan

Terima Pembagian Si Jamal, Seorang Jukir di Kota Kediri Tak Pusingkan Cicilan 40 tahun setia pada sepeda ontanya, Masduki tak dipusingkan cicilan meski ada wabah Corona.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pembagian Si Jamal (Sinergi untuk Jaring Pengaman Sosial) untuk juru parkir (jukir) se- berlangsung di Balai Uji Dishub Tamanan,

Meski profesi sama, cara hidup beda-beda. Adalah Masduki (65 tahun) yang tak perlu dipusingkan oleh cicilan motor, karena ia tak pernah punya cicilan motor. Ia memilih setia pada ontanya yang sudah 40 tahun menemani.

Memang, beberapa lembaga keuangan menangguhkan cicilan terkait pandemi Corona ini. Hanya saja, cicilan tetaplah cicilan meski diundur. Demikian yang dirasakan oleh beberapa juru parkir yang mengambil Si Jamal. Beberapa dari mereka memiliki kendaraan bermotor yang bagus namun belum lunas.

Sementara itu, Masduki datang dengan ontanya yang sudah berkarat tapi masih kuat, tampak nyaman, menyatu dengan pengendaranya. Kecuali bahwa pedalnya tanpa karet, jadi hanya besi melintang saja. Sadel kulitnya dibungkus dengan tas plastik hitam untuk melindungi dari hujan agar pantat tak basah. Hari itu, ia mengayuh lebih dari 40 km PP untuk mengambil paket Si Jamal.

“Sepeda ini mungkin sudah 40 tahun. Tidak pernah ganti. Eh, pernah ganti sekali, karena waktu itu saya seperti ini juga, hilang,” kata Masduki, Senin (20/4).

“Kalau sekarang, gini enggak ada yang mau ambil. Jadi saya malah tenang, di mana-mana aman,” tambahnya sambil tertawa. 

Ia memilih tak mengambil kredit motor karena merasa sudah cukup dengan ontelnya. “Ini saja cukup. Kalau an lebih sehat. Uangnya bisa dikasih untuk cucu,” katanya. 

Anaknya 5 orang dengan 8 orang cucu. Kini masih ada 2 orang anak yang dihidupi oleh Masduki.

Setiap hari, ia mengayuh nya dari Plosoklaten, Kabupaten Kediri tempat ia tinggal menuju jalanan sekitar Stasiun Kediri tempat ia bertugas. Hal yang sudah dilakoni lebih dari 30 tahun menjadi juru parkir.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO