Meski Dilarang, Warga Nekat Masuk Area Alun-alun Kota Batu

Meski Dilarang, Warga Nekat Masuk Area Alun-alun Kota Batu Meski ada imbauan area Alun-alun tertutup untuk umum, namun sebagian warga tetap nekat berkerumun di area Alun-alun.

BATU, BANGSAONLINE.com - Papan larangan masuk area alun-alun yang dipasang petugas sejak merebaknya wabah , ternyata tak digubris sebagian warga. Mereka tetap nekat berkerumun dan nongkrong di area Alun-alun yang berlokasi di Jalan Gajahmada tersebut.

Menanggapi hal ini, M. Chori, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan menandaskan, bahwa Aun-Alun sebagai salah satu ruang publik tempat kerumunan massa akan ditutup sampai dengan berakhirnya masa darurat oleh pemerintah. 

Terkait masih adanya warga yang masuk ke area alun-alun? “Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup selaku pengelola kawasan alun-alun, khususnya tenaga security untuk melakukan penertiban warga yang masih berkerumun di dalam alun-alun,” ujar M.Chori, Senin (20/4).

Selain penertiban warga yang masih nekat masuk area alun-alun, M. Chori juga minta kepada petugas untuk melakukan pengawasan dan pemantauan para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun. Pasalnya, mereka juga terikat dengan aturan mulai jam buka dan jam tutup usahanya. Mereka boleh buka usaha pukul 07.00 dan tutup pukul 21.00, kecuali apotek dan SPBU.

“Khusus untuk para PKL sesuai dengan surat edaran yang kami keluarkan memang tidak dilakukan penutupan untuk berjualan, tetapi diatur jam buka dan tutup usahanya serta hanya melayani pembelian online atau dibungkus untuk dibawa pulang,” terang dia.

Berdasarkan penjelasan Diskumdag , PKL yang berjualan juga hanya diperbolehkan sebagian saja, yaitu yang di bagian luar alun-alun. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP untuk tetap melakukan pemantauan dan pengawasan di sekitar kawasan Alun-alun.

“Saya sudah koordinasi dengan Plt. Kasatpol PP dan beliau berjanji akan melakukan pemantauan dan operasi Cipta Kondisi Kantramtibmas,” pungkas dia. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO