Minggu, 24 Januari 2021 10:07

Ribuan BB Pil Koplo dan Tembakau Gorilla Dimusnahkan Kejari Jember

Kamis, 16 April 2020 17:46 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Ribuan BB Pil Koplo dan Tembakau Gorilla Dimusnahkan Kejari Jember
Pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana di halaman kantor Kejari Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ribuan barang bukti dari hasil tindak pidana dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember di halaman kantor setempat, Kamis (16/4/2020). Barang bukti yang dimusnahkan itu terdiri dari pil Trex berlogo Y sebanyak 2.096 butir, pil trihexipinidil 166 butir, dextromethropan 450 butir. Serta, narkotika jenis tembakau gorilla 4,30 gram, sabu 2,4 gram, dan inex 7 butir.

Selain itu terdapat barang bukti lain, di antaranya berupa satu alat hisap sabu, timbangan, korek, rekapan togel, celurit, dan handphone.

"Pemusnahan BB (barang bukti) ini, merupakan bagian dari akuntabilitas kejaksaan kepada masyarakat. Lebih kepada menepis asumsi di masyarakat, bahwa barang bukti dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza, saat dikonfirmasi wartawan.

Pria yang akrab dipanggil Prima ini mengatakan, dengan dimusnahkan ini, publik akan tahu tidak ada barang bukti yang dimanfaatkan.

Prima juga menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari beberapa perkara tindak pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Meliputi tindak pidana narkotika dan psikotropika, tindak pidana terhadap orang dan harta benda, serta tindak pidana terhadap keamanan negara dan ketertiban umum," sebutnya.

"Pemusnahan serupa akan rutin dilakukan setiap dua bulan sekali. Meskipun, di tengah wabah Covid-19 ini," imbuhnya.

Pasalnya, kata Prima, jika tidak dimusnahkan, barang bukti yang ada akan menumpuk. "Tapi cara pemusnahan tetap menggunakan protokol kesehatan pecegahan Covid," katanya.

Sedangkan untuk barang bukti hasil pencurian seperti mobil atau sepeda motor, Prima menyebut tidak ikut dimusnahkan. "Barang-barang tersebut diserahkan kembali kepada korban, dan langsung diantarkan oleh pihak kejaksaan ke rumah yang bersangkutan," pungkasnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...