Jumat, 27 November 2020 07:43

Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya

Kamis, 09 April 2020 09:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya
K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri dan Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H., Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim mengimbau masyarakat untuk tidak mudik di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah dan petunjuk dari sebuah Hadist Rasulullah.

"Jika kalian mendengar wabah yang melanda suatu negeri, maka jangan kalian memasukinya. Dan jika kalian berada di daerah itu, jangan lah kalian keluar untuk lari darinya," jelas Nuruddin dalam siaran video yang disebarkan melalui media sosial.

Ia mengakui, wabah Covid-19 memang mengganggu beragam kegiatan. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, dan sektor lainnya. Namun, ia meminta masyarakat bisa tabah dan berserah diri kepada Allah untuk menghadapinya.

Ia juga meminta masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah. Dengan melakukan social distancing dan physical distancing, serta menggunakan masker ketika berinteraksi dengan orang lain.

"Sehingga penularan Covid-19 bisa diminimalisir serta bisa musnah dari dunia, khususnya di bumi Indonesia," ujarnya.

Menyikapi wabah Covid-19, Nuruddin juga berharap masyarakat tidak panik. "Filsuf Ibnu Sina menyatakan, suatu kepanikan adalah separuh dari penyakit. Ketenangan dan kebahagiaan adalah separuh dari obat. Sementara kesabaran adalah awal dari kesembuhan dan kesirnaan penyakit itu," ujar Nuruddin yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan ini.

Hal senada disampaikan K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri, Ketua MUI Bangkalan. Ia juga meminta masyarakat Bangkalan untuk tidak melakukan mudik. Terutama yang berasal dari daerah zona merah.

"Karena ketika berasal dari zona merah akan dimungkinkan terjangkit Covid-19, sehingga akan menularkan di lingkungan sekitar dan memudaratkan kepada diri sendiri," jelasnya.

Apalagi, lanjut Kiai Syarifudin, pemerintah telah memberikan imbauan agar masyarakat tak mudik. "Barang siapa yang mengikuti seruan dari Rasulullah dan imbauan dari pemerintah, maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Mudah-mudahan yang mengikuti imbauan pemerintah ini, bisa dijauhkan dari Covid-19," pungkasnya (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...