Sabtu, 17 April 2021 21:55

Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya

Kamis, 09 April 2020 09:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya
K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri dan Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H., Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim mengimbau masyarakat untuk tidak mudik di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah dan petunjuk dari sebuah Hadist Rasulullah.

"Jika kalian mendengar wabah yang melanda suatu negeri, maka jangan kalian memasukinya. Dan jika kalian berada di daerah itu, jangan lah kalian keluar untuk lari darinya," jelas Nuruddin dalam siaran video yang disebarkan melalui media sosial.

Ia mengakui, wabah Covid-19 memang mengganggu beragam kegiatan. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, dan sektor lainnya. Namun, ia meminta masyarakat bisa tabah dan berserah diri kepada Allah untuk menghadapinya.

BACA JUGA : 

Terjangkit Covid-19, Apakah Aman Ibadah Puasa?

Ayu Khoirunita, Istri Muda Bupati Bangkalan Tampil Modis Promosikan Batik

Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Komisi D DPRD Bangkalan Panggil Enam Kapus Baru

Tahapan Pilkades Bangkalan Amburadul, Dewan Kecewa dan Akan Evaluasi Kepala DPMD

Ia juga meminta masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah. Dengan melakukan social distancing dan physical distancing, serta menggunakan masker ketika berinteraksi dengan orang lain.

"Sehingga penularan Covid-19 bisa diminimalisir serta bisa musnah dari dunia, khususnya di bumi Indonesia," ujarnya.

Menyikapi wabah Covid-19, Nuruddin juga berharap masyarakat tidak panik. "Filsuf Ibnu Sina menyatakan, suatu kepanikan adalah separuh dari penyakit. Ketenangan dan kebahagiaan adalah separuh dari obat. Sementara kesabaran adalah awal dari kesembuhan dan kesirnaan penyakit itu," ujar Nuruddin yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan ini.

Hal senada disampaikan K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri, Ketua MUI Bangkalan. Ia juga meminta masyarakat Bangkalan untuk tidak melakukan mudik. Terutama yang berasal dari daerah zona merah.

"Karena ketika berasal dari zona merah akan dimungkinkan terjangkit Covid-19, sehingga akan menularkan di lingkungan sekitar dan memudaratkan kepada diri sendiri," jelasnya.

Apalagi, lanjut Kiai Syarifudin, pemerintah telah memberikan imbauan agar masyarakat tak mudik. "Barang siapa yang mengikuti seruan dari Rasulullah dan imbauan dari pemerintah, maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Mudah-mudahan yang mengikuti imbauan pemerintah ini, bisa dijauhkan dari Covid-19," pungkasnya (ida/uzi/rev)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...