Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya

Ulama dan Umaro Bangkalan Imbau Masyarakat Tak Mudik, ini Hadistnya K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri dan Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Drs. H. M. Nuruddin A. Rahman, S.H., Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim mengimbau masyarakat untuk tidak mudik di tengah pandemi .

Menurutnya, hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah dan petunjuk dari sebuah Hadist Rasulullah.

"Jika kalian mendengar wabah yang melanda suatu negeri, maka jangan kalian memasukinya. Dan jika kalian berada di daerah itu, jangan lah kalian keluar untuk lari darinya," jelas Nuruddin dalam siaran video yang disebarkan melalui media sosial.

Ia mengakui, wabah memang mengganggu beragam kegiatan. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, dan sektor lainnya. Namun, ia meminta masyarakat bisa tabah dan berserah diri kepada Allah untuk menghadapinya.

Ia juga meminta masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah. Dengan melakukan social distancing dan physical distancing, serta menggunakan masker ketika berinteraksi dengan orang lain.

"Sehingga penularan bisa diminimalisir serta bisa musnah dari dunia, khususnya di bumi Indonesia," ujarnya.

Menyikapi wabah , Nuruddin juga berharap masyarakat tidak panik. "Filsuf Ibnu Sina menyatakan, suatu kepanikan adalah separuh dari penyakit. Ketenangan dan kebahagiaan adalah separuh dari obat. Sementara kesabaran adalah awal dari kesembuhan dan kesirnaan penyakit itu," ujar Nuruddin yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam ini.

Hal senada disampaikan K.H. Drs. Syarifudin Damanhuri, Ketua MUI . Ia juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Terutama yang berasal dari daerah zona merah.

"Karena ketika berasal dari zona merah akan dimungkinkan terjangkit , sehingga akan menularkan di lingkungan sekitar dan memudaratkan kepada diri sendiri," jelasnya.

Apalagi, lanjut Kiai Syarifudin, pemerintah telah memberikan imbauan agar masyarakat tak mudik. "Barang siapa yang mengikuti seruan dari Rasulullah dan imbauan dari pemerintah, maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Mudah-mudahan yang mengikuti imbauan pemerintah ini, bisa dijauhkan dari ," pungkasnya (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO