Rabu, 15 Juli 2020 09:51

Petrokimia Gresik Buka Posko Command Center BUMN Jawa Timur

Senin, 30 Maret 2020 21:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Petrokimia Gresik Buka Posko Command Center BUMN Jawa Timur
Dirut PG Rahmat Pribadi bersama jajaran Direksi saat pembukaan posko command center BUMN. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, sekaligus Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jawa Timur (Jatim) membuka Posko Command Center BUMN Jawa Timur di Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma Petrokimia Gresik, Senin (30/3).

Pembukaan Posko Command Center ditandai dengan penyobekan gambar virus Corona oleh Direktur Utama Perokimia Gresik, Rahmad Pribadi beserta seluruh jajaran Direksi Petrokimia Gresik menggunakan sebilah pedang sebagai simbol semangat tim Satgas dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono menjelaskan bahwa Posko Command Center ini berfungsi sebagai spoke person dan penyedia informasi bagi masyarakat Jatim untuk aktivitas pencegahan dan mitigasi risiko penyebaran COVID-19.

Saat ini sudah ada dua posko yang dibangun di Kabupaten Malang dan Surabaya, yaitu di Hotel Selorejo Malang dan Hotel Pesonna Surabaya yang merupakan hotel milik BUMN. 

"Posko ini dilengkapi dengan dashboard untuk update sebaran COVID-19 di Jatim, sehingga dapat menyajikan data terkini," ujar Yusuf.

Selain sebagai penyedia informasi, Posko Command Center ini juga berfungsi sebagai titik koordinasi bagi BUMN di Jatim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), instansi terkait pencegahan COVID-19, serta menjadi jembatan koordinasi Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim dengan Kementerian BUMN. 

"Untuk itu, peran Posko Command Center inti menjadi sangat vital karena merupakan pusat komando bagi posko lainnya," terangnya.

Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan bahwa pembangunan Posko Command Center ini merupakan realisasi lanjutan dari action plan yang dijalankan Petrokimia Gresik sebagai koordinator Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Jatim.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik juga telah mengirimkan bantuan alat dan bahan untuk pencegahan COVID-19 ke Posko Hotel Selorejo dan Hotel Pesonna, Jumat (27/3).

Yusuf menambahkan bahwa Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim juga menerima relawan untuk membantu tugas dalam pencegahan dan penanganan kasus COVID-19 di Posko Hotel Selorejo Malang dan Hotel Pesonna Surabaya.

Adapun tugas relawan yang disiapkan antara lain, mendata penduduk dengan risiko rentan sakit dan mengidentifikasi fasilitas desa yang bisa digunakan sebagai ruang isolasi, menyediakan alat deteksi dini COVID-19, sosialisasi informasi untuk penanganan, seperti telepon rumah sakit rujukan dan ambulance, dan membantu memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul.

Sedangkan untuk penanganan warga yang terpapar COVID-19, relawan bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat untuk menyiapkan ruang isolasi di desa.

Selain itu juga merekomendasikan warga yang baru pulang dari daerah terdampak COVID-19 untuk mengisolasi diri.

Relawan juga membantu menyiapkan logistik bagi warga yang masuk ruang isolasi dan menghubungi petugas medis atau BPBD untuk menindaklanjuti. 

"Sebelum menjalankan tugas, relawan akan mendapatkan pelatihan atau pembekalan di Posko Selorejo dan Pesonna sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan optimal," kata Yusuf.

Melihat pentingnya peran relawan, Yusuf berharap masyarakat turut aktif membantu Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim dengan mendaftarkan diri menjadi relawan, sehingga pandemi ini bisa diantisipasi penularannya. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk bersama-sama melawan penyebaran COVID-19 dengan membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi relawan SatgasTanggap COVID-19 BUMN Jatim," pungkas Yusuf. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...