Jumat, 05 Juni 2020 16:37

Baru Tiba dari Jakarta, 60 Warga Palengaan Laok Pamekasan Langsung Disemprot Disinfektan

Jumat, 27 Maret 2020 22:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Baru Tiba dari Jakarta, 60 Warga Palengaan Laok Pamekasan Langsung Disemprot Disinfektan
Tim FRPB TIC sedang melakukan penyemprotan disinfektan ke para perantau yang baru datang dari Jakarta.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) yang tergabung dalam Tim Imunitas Corona (TIC) Bakorwil 4 Pamekasan, melakukan penyemprotan disinfektan kepada 60 warga Palengaan Laok yang baru tiba dari Jakarta, Jumat (27/03).

Penyemprotan disinfektan bagi para pendatang dari daerah zona merah yang disaksikan Forpimka Palengaan dan Kades Palengaan Laok ini dilakukan di Balai Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan.

Selain dilakukan penyemprotan disinfektan, 60 warga dan 3 mini busnya tersebut juga diukur suhunya dan didata oleh petugas Puskesmas Palengaan.

"Kami FRPB TIC selalu siap membantu masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan. Ini sebagai langkah awal dalam pencegahan dan berusaha selalu menyerap informasi dari masyarakat tentang kepulangan warga dari daerah terdampak," ucap Wahyudi selaku Humas FRPB TIC Pamekasan

Wahyudi menjelaskan bahwa penyemprotan disinfektan adalah tindakan preventif, apalagi bagi mereka yang datang dari daerah zona merah.

"Tindakan ini jangan dinilai sebagai langkah yang berlebihan, tetapi ini adalah tindakan preventif efektif untuk memutus mata rantai Covid-19. Terutama bagi mereka yang datang dari zona merah," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 60 orang yang baru tiba dari Jakarta tersebut, ada 1 ODP (Orang Dalam Pemantauan) dengan suhu 38 derajat celcius, batuk, dan flu.

"Petugas Puskesmas Palengaan menganjurkan untuk isolasi mandiri. Apabila ada keluhan lain diharap langsung menghubungi perawat desa atau puskesmas secepatnya," jelas Wahyudi.

Sedangkan Kepala Desa Palengaan Laok Moh. Said menjelaskan, pihaknya dan tim satgas Kecamatan Palengaan bersama forkopimka dibantu FRPB TIC melakukan penyemprotan dan deteksi suhu tubuh kepada para perantau yang pulang dari Jakarta.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan terhadap orang Palengaan Laok yang pulang dari Malang yang merupakan daerah zona merah juga.

"Penyemprotan ini kami lakukan sebagai tindakan preventif dan langkah serius Pemerintah Desa Palengaan Laok dalam melindungi dan memutus mata rantai penyebaran virus corona terutama yang datang dari zona merah," tukas Said. (yen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...