Senin, 30 Maret 2020 22:54

​Cegah Penularan Virus Corona, Pemkab Sumenep Sediakan Bilik Sterilisasi

Kamis, 26 Maret 2020 19:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Sahlan
​Cegah Penularan Virus Corona, Pemkab Sumenep Sediakan Bilik Sterilisasi
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meminimalisir penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Kantor Pemkab Sumenep telah menyediakan bilik sterilisasi.

Bilik sterilisasi tepat berada di pintu masuk Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep, sehingga setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tamu yang masuk atau keluar harus melalui bilik penyemprotan disinfektan.

“Ini salah satu upaya yang dalam mencegah penyebaran Virus Corona di kantor pemerintah daerah, yakni dengan menyediakan bilik sterilisasi, termasuk tempat cuci tangan, untuk menyeterilkan para ASN dan tamu dari virus itu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Kamis (26/03/2020).

Pemerintah daerah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 tidak hanya menyediakan bilik sterilisasi atau disinfektan di Kantor Pemerintah semata, namun juga memprogramkan penyediaan bilik itu di sejumlah tempat lainnya.

Rencananya, bilik disinfektan atau sterilisasi dan tempat cuci tangan ditempatkan di pelabuhan sebanyak 30 unit, baik di daratan maupun kepulauan, sebagai filter penularan Virus Corona di Kabupaten Sumenep.

Pembangunan bilik dan cuci tangan di sejumlah tempat itu masih dalam proses, karena sampai saat ini bilik sterilisasi baru ada satu di Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep. “Diharapkan setiap warga yang turun atau naik kapal harus disemprot disinfektan di bilik dekontaminasi itu,” imbuhnya.

Pastinya, untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 harus dilakukan bersama-sama, baik seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat, secara mandiri dalam menjaga kebersihan dan pola hidup sehat di masing-masing keluarga.

"Keserentakan berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan social distancing sekaligus sementara waktu meniadakan ataupun menunda kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, hal itu adalah sebagai langkah pencegahan penularan Virus Corona,” pungkasnya. (aln/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...