Rabu, 27 Mei 2020 10:20

Pemprov Jatim Siapkan Fasilitas di BPSDM untuk Tempat Observasi ODP Corona

Selasa, 24 Maret 2020 20:57 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Didi Rosadi
Pemprov Jatim Siapkan Fasilitas di BPSDM untuk Tempat Observasi ODP Corona
Gubernur Khofifah berdiskusi dengan Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai saat meninjau fasilitas di lingkungan BPSDM Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan fasilitas untuk keperluan observasi pasien kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona (Covid-19).

Lokasinya di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur di Jalan Balongsari Tama, Surabaya.

Didampingi Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai, Kepala Gugus Kuratif Penanganan Covid-19 dr Joni Wahyuhadi dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, Gubernur Khofifah melihat langsung kesiapan kamar-kamar di BPSDM yang siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Ini (BPSDM), salah satu yang kita siapkan untuk ruang observasi. Bed yang siap ada 350. Kalau hall yang diatas ada 100 bed lagi. Jadi total ada 450 bed, untuk BPSDM Surabaya. Sementara, BPSDM di Malang ada 150. Jadi BPSDM saja sudah siap 600 bed," kata Gubernur Khofifah, Selasa (24/3).

Gubernur Khofifah menambahkan, peran penting lainnya di lokasi observasi ODP adalah asupan gizi yang cukup serta olahraga bagi pasien yang nantinya berada di tempat itu.

"Peran asupan gizi yang cukup itu hal penting. Termasuk olahraga itu menjadi kesatuan paket untuk kebutuhan observasi. Serta ditunjang keberadaan tim motivator. Makanya tadi kita juga melihat sarana olahraga yang ada di tempat ini, sangat memadai," terang mantan Mensos RI itu.

Sementara dr Joni Wahyuhadi menambahkan untuk tenaga medis dan paramedis juga siap, tinggal menyesuaikan kebutuhan.

"Sistemnya berbeda dengan rumah sakit. Untuk tenaga medis dan paramedis bisa dilaksanakan berkala untuk memonitor pasien ODP, yang umumnya mereka sehat," katanya.

Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai menjelaskan fasilitas di lingkungan BPSDM dipakai menjadi salah satu lokasi observasi kesiapannya telah dilakukan dengan matang. Disebutkan, untuk ruangan dan fasilitas lainnya sangat memungkinkan. Termasuk sarana olahraga dan lainnya.

"Kelengkapan dan fasilitas telah memadai. Karena ini untuk kesehatan, kita tingkatkan sterilisasi sebagai kebutuhan tempat observasi. Lingkungannya juga sehat, dengan ditunjang fasilitas olahraga dan refresing yang diharapkan untuk bisa kembali sehat lagi," ujar Aries.

Masih kata Aries, dipakainya BPSDM untuk keperluan observasi Covid-19 seiring dengan Keputusan Kepala LAN, yang saat ini untuk proses pembelajaran di badan Diklat itu dilakukan dengan jarak jauh.

"Kebetulan saat ini proses pembelajaran menggunakan sistem jarak jauh. Karena itu fasilitas di BPSDM bisa digunakan untuk tempat observasi ODP corona," pungkas pejabat berdarah Bugis ini. (mdr/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...