Senin, 18 Januari 2021 23:06

Antisipasi Corona, Jam Besuk Bagi Warga Binaan Lapas Blitar Diganti dengan Fasilitas Video Call

Selasa, 17 Maret 2020 11:09 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Antisipasi Corona, Jam Besuk Bagi Warga Binaan Lapas Blitar Diganti dengan Fasilitas Video Call
Lapas Klas II Blitar menyiapkan fasilitas video call bagi warga binaan yang ingin menghubungi keluarganya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Suasana di Lapas Kelas II Blitar nampak berbeda dengan hari biasanya. Tak ada antrean pembesuk berjubel di depan pintu gerbang Lapas. Hal ini karena pihak lapas meniadakan jam besuk untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Sebagai gantinya, warga binaan bisa melepas rindu dengan keluarga melalui fasilitas video call yang disediakan Lapas Klas II B Blitar. Secara bergantian, satu per satu warga binaan menghubungi keluarganya melalui layar android selama lima menit.

Andik, salah satu warga binaan mengaku senang dengan fasilitas yang diberikan. Karena dengan fasilitas video call ini, dia justru bisa bertatap muka dengan istrinya yang bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong.

"Sudah enam bulan saya sama sekali tidak berkomunikasi dengan istri saya, karena di sini adanya telepon wartel yang tidak bisa telepon ke luar negeri. Ini ada kesempatan, ya tentu saya senang sekali," ungkap Andik.

Pelaksana tugas (Plt) Harian Kepala Lapas Klas II B Blitar Johanes Agus Mijanto mengatakan, langkah ini merupakan upaya dari Lapas Kelas II B Blitar untuk melindungi warga binaan.

Kata dia, meski meniadakan jam besuk, pihaknya tidak menutup akses komunikasi warga binaan dengan keluarga dengan menyediakan fasilitas video call.

"Ini sebagai upaya kami melindungi warga binaan, terkait dengan perkembangan virus Corona. Jadi jam besuk ditiadakan, namun komunikasi tidak kita tutup. Kami sediakan fasilitas video call agar warga binaan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah masing-masing. Jadi keluarga tidak perlu kesini," terang Johanes.

Teknisnya, warga binaan cukup menyerahkan nomor telepon keluarga yang akan dihubungi. Kemudian nomor itu akan diinput ke handphone yang sudah disediakan petugas Lapas. "Setelah itu warga binaan tinggal menunggu giliran melalukan video call melalui aplikasi WhatsApp atau Google Duo," imbuhnya.

Johanes menambahkan, meski tak ada jam besuk, keluarga masih tetap bisa mengirimkan makanan dan kebutuhan warga binaan. "Keluarga masih bisa mengirim kiriman, baik makanan dan kebutuhan lainnya. Kita tampung di depan, nanti akan dicek petugas barang-barang apa saja yang boleh dibawa masuk," pungkasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...