Nongkrong Sambil Baca Buku, Datang Saja ke Cafe Dinas Perpustakaan Sidoarjo

Nongkrong Sambil Baca Buku, Datang Saja ke Cafe Dinas Perpustakaan Sidoarjo SANTAI: Wabup Nur Ahmad dan Ketua DPRD Usman saat mencoba Cafe Baca Dinas Perpustakaan Sidoarjo, Rabu (4/3). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo membuat terobosan baru meningkatkan minat baca masyarakat. Yakni membuka Cafe Baca dan Perpustakaan, di kompleks Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jl Jaksa Agung Suprapto No 5 Sidoarjo.

Kafe Baca ini diresmikan oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Rabu (4/3). Peresmian Cafe Baca juga dihadiri Ketua DPRD Usman dan Kepala BNK Sidoarjo, AKBP Toni Sugianto dan sejumlah kepala OPD.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Medi Yulianto menjelaskan, Cafe Baca merupakan bentuk pelayanan meningkatkan minat baca masyarakat. "Yang hobi nongkrong di kafe bisa datang dan membaca buku koleksi di Kafe Baca ini," ungkap Medi.

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi didirikannya Cafe Baca tersebut. Ia menyatakan Cafe Baca ini sebuah inovasi luar biasa mendukung minat baca dan bentuk mengikuti perkembangan gaya hidup anak muda kekinian.

Kata wabup, dulu kata 'Perpustakaan' terkesan sebuah tempat yang serius dan kaku, hening, karena pengunjung dilarang bersuara. Namun kini, paradigma itu harus diubah. Perpustakaan harus nyaman dan menyenangkan.

"Didesain kekinian dan dilengkapi iringan musik agar nyaman untuk membaca," ungkap Cak Nur, panggilan karib Nur Ahmad Syaifuddin.

Kata Cak Nur, Cafe Baca ini bisa mendekatkan anak muda dengan buku dan mendekatkan masyarakat dengan perpustakaan. Apalagi Cafe Baca berada dekat Bioskop Literasi (Bolam) yang menyajikan literasi melalui tayangan film-film dokumenter. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO