90 Jamaah Umrah Kota Batu Gagal Berangkat

90 Jamaah Umrah Kota Batu Gagal Berangkat Kepala Kemenag Kota Batu, Drs. H. Nawawi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dampak kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan visa kunjungan umrah, mendapat tanggapan serius Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) , Drs. H. Nawawi.

Ia menjelaskan kebijakan itu merupakan penundaan, bukan penolakan kunjungan umrah dari jamaah Indonesia.

"Kebijakan itu hanya sementara hingga kerajaan Arab Saudi bisa memastikan bahwa Arab Saudi steril terhadap virus Corona. Alhamdulillah, jamaah di menyadari terhadap kebijakan kerajaan Arab Saudi itu," ujar Kakan Kemenag , Sabtu (29/2).

Ditanya tentang jumlah jamaah umrah di yang gagal berangkat, Nawawi mengaku belum memiliki data pasti. Kendati demikian, ia mengungkapkan telah menerima permintaan rekomendasi pembuatan paspor untuk umrah sebanyak 90 orang.

"Data pasti untuk yang tertunda pemberangkatannya kami belum ada. Kemenag hanya menerima permintaan rekom pembuatan paspor untuk umrah. Jumlahnya sebanyak 90 orang," ungkapnya.

Diakui, animo masyarakat untuk berangkat umrah cukup tinggi. Tahun ini saja hingga bulan Februari 2020 jamaah yang sudah berangkat umrah berjumlah 500 orang. Ia berharap jamaah yang tertunda keberangkatannya bisa bersabar dan tenang. 

"Semoga persoalan ini cepat selesai dan semua jamaah bisa berangkat ke tanah suci tanpa halangan lagi," harap Nawawi.

Seperti diberitakan, sebanyak 84.855 jamaah umrah asal Jatim terancam gagal bertolak ke tanah suci karena kebijakan penangguhan visa umrah oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Per tanggal 24 Februari 2020, tercatat ada sekitar 84.855 calon jamaah umrah yang terdaftar. Yang sudah lunas biaya penyelenggaraan ibadah umrah itu sekitar 81.994 orang. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO